EFEKTIVITAS MEDIA MAKET KINSE AIRANG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SUMBER ENERGI BAGI SISWA KELAS IV SD

Anggraeni, Citra Dewi (2021) EFEKTIVITAS MEDIA MAKET KINSE AIRANG TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SUMBER ENERGI BAGI SISWA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
File 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
File 2.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
File 3.pdf

Download (402kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
File 4.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
File 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[thumbnail of File 7.pdf] Text
File 7.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
File 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
File 7.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
File 8.pdf

Download (9MB)

Abstract

Pemahaman konsep adalah kemampuan siswa yang berupa penguasaan materi
pelajaran, namun tidak sekedar mengetahui atau mengingat sejumlah konsep yang
dipelajari. Tetapi mampu mengungkapkan kembali dalam bentuk lain yang mudah
dimengerti sesuai dengan struktur kognitif yang dimilikinya. Maka perlu adanya
prantara untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep, salah satunya
seperti media maket KINSE AIRANG. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui efektivitas media maket KINSE AIRANG terhadap pemahaman
konsep sumber energi bagi siswa kelas IV SD.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuasi Eksperimen/Eksperimen Semu,
dengan menggunakan desain penelitian Non-Equivalent (Pretest Dan Posttest)
Control-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa
kelas IV di SD Negeri 4 Tanjung Jaya. Peneliti mengambil sampel dengan
menggunakan metode Nonrandom Assignment, didapatkan kelas IV B sebagai
kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes berupa soal pilihan ganda pretest dan posstest serta angket
respon siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perhitungan uji paired sampel t-test
didapatkan nilai sig (2-tailed) 0,000. Karena nilai sig (2-tailed) < 0,05, maka
dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Nilai rata-rata N-gain score kelas
eksperimen lebih tinggi dibanding kelas kontrol yaitu sebesar 56,5% dan 39,8%,
sehingga dapat dikatakan media maket KINSE AIRANG cukup efektif untuk
meningkatkan pemahaman konsep siswa. Hal ini dapat diartikan bahwa ada
perbedaan penggunan media maket KINSE AIRANG terhadap pemahaman
konsep sumber energi bagi siswa kelas IV SD

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Maket, Pemahaman Konsep, KINSE AIRANG
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item
View Item