IMPLEMENTASI LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Oktavia, Cory (2021) IMPLEMENTASI LITERASI NUMERASI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
file 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
file 2.pdf

Download (58kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
file 3.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
file 4.pdf

Download (34kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
file 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
file 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
file 7.pdf

Download (71kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
file 8.pdf

Download (2MB)

Abstract

Literasi numerasi merupakan salah satu literasi dasar yang cukup berperan penting dalam kehidupan manusia guna mengambil keputusan yang berhubungan dengan angka. Keterampilan literasi numerasi secara eksplisit diajarkan di dalam mata pelajaran matematika karena dalam pembelajaran matematika siswa tidak hanya dituntut untuk berhitung saja, akan tetapi juga mampu bernalar yang logis dan kritis dalam pemecahan masalah sehari-hari. Maka peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan pengimplementasian literasi nummerasi dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berupa studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru kelas dan beberapa perwakilan siswa kelas 4, observasi, dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data Miles dan Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian pengimplementasian program literasi numerasi ini dalam pembelajaran matematika menggunakan metode pemecahan masalah. Tahapan dalam pelaksanaan literasi numerasi seperti pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran telah dilaksanakan. Berdasarkan sepuluh jawaban siswa yang dikumpulkan terdapat 6 orang siswa yang menuliskan informasi yang terdapat dalam soal di dalam lembar jawabannya. Selain itu, terdapat 7 orang siswa yang mampu menuliskan rumus dengan tepat dan mampu menggunakan rumus dengan tepat. Sedangkan untuk kegiatan mengevaluasi hasil dan mempresentasikan hasil pemecahan masalah masih belum dapat dilaksanakan karena pembelajaran daring. Maka dapat disimpulkan bahwa siswa mampu menggunakan menggunakan berbagai macam angka dan simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah serta mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel, atau bagan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Literasi Numerasi, Pembelajaran Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/628

Actions (login required)

View Item
View Item