PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V

Aulia, Lili (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
File 1.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
File 2.pdf

Download (297kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
File 3.pdf

Download (584kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
File 4.pdf

Download (675kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
File 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (844kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
File 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
File 7.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
File 8-1.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM
BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN
PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V

Oleh
LILI AULIA
17060066

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan
pemecahan masalah siswa kelas V. Kurangnya kemampuan pemecahan masalah
siswa kelas V dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kurangnya
penggunaan model pembelajaran yang dilakukan oleh guru sehingga siswa sulit
dalam memahami materi pembelajaran dengan baik, siswa kurang terlibat aktif
dalam proses pembelajaran dan kemampuan pemecahan masalah yang masih
rendah dibuktikan dengan perolehan nilai hasil belajar yang masih banyak di
bawah KKM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan
jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini berupa Quasi Experimen, bentuk
desain quasi experimen yang digunakan yaitu Non-Equivalen Control Group
design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 9
Way Khilau tahun ajaran 2020-2021. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan tes dan dokumentsi.

Hasil analisis uji-t diperoleh kesimpulan bahwa: terdapat pengaruh penerapan
model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan pemecahan
masalah siswa kelas V. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa hasil test yang
dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar (posttest) kelas eksperimen yang
menggunakan model PBL adalah 80,95 sedangkan rata-rata hasil belajar yang
kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah adalah 69,76. Berdasarkan hasil
uji-t diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 <0,005 maka H
o
ditolak
dan H
a
diterima. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh
penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan
pemecahan masalah siswa kelas V.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/638

Actions (login required)

View Item
View Item