ANALISIS KECERDASAN NATURALIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPA DI SDN 24 WAY LIMA

Wulandari, Diah Astri (2021) ANALISIS KECERDASAN NATURALIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN IPA DI SDN 24 WAY LIMA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
COVER DIAH.pdf

Download (963kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I DIAH.pdf

Download (93kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II DIAH.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III DIAH.pdf

Download (175kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV DIAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V DIAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS DIAH.pdf

Download (10kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN DIAH.pdf

Download (6MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah perlu adanya pengembangan atau peningkatan aspek kecerdasan yang berhubungan dengan lingkungan yaitu kecerdasan naturalis bila kecerdasan naturalis sudah ditingkatkan sejak dini pada anak-anak, maka kerusakan alam yang banyak terjadi pada saat ini dapat diminimalisir meningkatkan kecerdasan naturalis anak dapat diajarkan dalam lingkungan sekolah dan dalam pembelajaran IPA yang meliputi kegiatan sehari- hari.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan memberikan gambaran tentang pembelajaran IPA dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV SD Negeri 24 Way lima Kecamatan Way lima Kabupaten Pesawaran. Waktu penelitian adalah semester genap tahun ajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 24 Way lima yang berjumlah 17 peserta didik.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil analisis terhadap 17 siswa di kelas IV pada pembelajaran IPA dan dari beberapa pertanyaan terkaitan kecerdasan naturalis diketahui bahwa anak memiliki kecerdasan naturalis yang memiliki ketertarikan dalam melestarikan lingkungan terdapat 66,675% anak memiliki kecerdasan natural yang baik. Kecerdasan naturalis dalam keahlian mengelompokan nama, jenis tumbuhan dan hewan terdapat 84,31% anak memiliki kecerdasan naturalis yang sangat baik. Kecerdasan naturalis dalam kegemaran merawat tumbuhan dan hewan terdapat 62,74% anak memiliki kecerdasan naturalis yang baik. Dapat disimpulkan bahwa rata-rata kecerdasan naturalis siswa kelas IV SDN 24 Way lima memiliki kecerdasan naturalis yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan naturalis, Pembelajaran IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/640

Actions (login required)

View Item
View Item