EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL BLENDED LEARNING DALAM PENGUASAAN LITERASI DIGITAL DI KALANGAN SISWA SD

Lestari, Dwi (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL BLENDED LEARNING DALAM PENGUASAAN LITERASI DIGITAL DI KALANGAN SISWA SD. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1 COVER DLL (DWI LESTARI 17060149).pdf

Download (529kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
FILE 2 BAB I (DWI LESTARI 17060149).pdf

Download (166kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
FILE 3 BAB II (DWI LESTARI 17060149).pdf

Download (364kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
FILE 4 BAB III (DWI LESTARI 17060149).pdf

Download (355kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
FILE 5 BAB IV (DWI LESTARI 17060149).pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
FILE 6 BAB V (DWI LESTARI 17060149).pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7 DAFTAR PUSTAKA (DWI LESTARI 17060149).pdf

Download (139kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8 LAMPIRAN (DWI LESTARI 17060149)_compressed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya penguasaan literasi siswa kelas V SD Negeri 2 Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model blended learning efektif dalam meningkatkan penguasaan literasi siswa SD. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasi experimental design. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SD Negeri 2 Yogyakarta Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu. Populasi penelitian berjumlah 33 siswa. Sampel penelitian ditentukan menggunakan sampling jenuh yaitu teknik sampling yang menggunakan semua anggota populasi dijadikan sampel tidak lebih dari 100 orang. Teknik pengumpulan dan pengambilan data menggunakan tes soal pilihan ganda. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini adalah penggunaan model blended learning efektif dalam meningkatkan penguasaan literasi siswa SD pada pembelajaran IPA ditunjukkan dengan hasil perhitungan taraf signifikansi pada pengujian hipotesis menggunakan bahwa uji hipotesis Pretest Kontrol - Postest Kontrol, maka sebagaimana pengambilan keputusan dalam Uji Paired-Sample Test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Penguasaan Literasi Digital
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/645

Actions (login required)

View Item
View Item