PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UPT SD N 2 GADINGREJO

Dewi, Monnica (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V UPT SD N 2 GADINGREJO. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1.pdf

Download (532kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
FILE 2.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
FILE 3.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
FILE 4.pdf

Download (367kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
FILE 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
FILE 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA
PELAJARAN IPA KELAS V UPT SD N 2 GADINGREJO

Oleh
MONNICA DEWI
17060173

Permasalahan pada penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa dalam
mengikuti proses pembelajaran dikarenakan minimnya siswa dalam memahami
konsep materi pelajaran, kurangnya minat siswa dalam belajar IPA dan siswa
kurang mampu berpikir kritis dalam pembelajaran dikarenakan dalam
pembelajaran guru dalam mengajar masih menggunakan metode ceramah,
demonstrasi dan penugasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan quasi experimental design.
Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V UPT SD Negeri 2 Gadingrejo. Populasi
penelitian berjumlah 38 siswa. Sampel penelitian ditentukan menggunakan
purposive sampling yaitu teknik sampling yang digunakan peneliti jika peneliti
mempunyai pertimbangan-pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan dan
pengambilan data menggunakan tes uraian dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan
model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa
ditunjukkan dengan uji hipotesis Pretest Eksperimen - Postest Eksperimen sig.(2tailed)

sebesar 0,045 dan Pretest Kontrol - Postest Kontrol yaitu sig. (2-tailed)
sebesar 0,047. Karena nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka sebagaimana pengambilan
keputusan dalam Uji Paired-Sample Test dapat disimpulkan bahwa
H
o
ditolak dan
H
diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dalam
penerapan model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V UPT SD Negeri 2
Gadingrejo.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Pembelajaran IPA SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:27
Last Modified: 05 Apr 2022 07:27
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/648

Actions (login required)

View Item
View Item