PENGGUNAAN MEDIA TABEL PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PENGOPERASIAN PERKALIAN

Adisti, Renvilia (2021) PENGGUNAAN MEDIA TABEL PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP PENGOPERASIAN PERKALIAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
FILE 2.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
FILE 3.pdf

Download (343kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
FILE 4.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
FILE 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
FILE 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran matematika adalah suatu proses belajar mengajar yang dilakukan
guru untuk mengembangkan kemampuan konsep pemahaman siswa, untuk
menyampaikan materi pembelajaran matematika kepada siswa maka guru
menggunakan sebuah media pembelajaran. Guru dapat menggunakan media
pembelajaran yang sudah ada maupun yang belum ada tetapi harus sesuai dengan
materi dan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Penggunaan media tabel
perkalian membuat siswa mampu memahami konsep pengoperasian perkalian
dengan mudah karena dengan penggunaan media tabel perkalian dalam proses
belajar mengajar siswa menjadi lebih aktif, lebih mudah mengerti dalam
memahami, menghitung, dan menentukan perkalian. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui penggunaan media tabel perkalian pada pembelajaran daring di
masa pandemi covid-19 terhadap kemampuan pemahaman konsep pengoperasian
perkalian siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode
studi kasus dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan media tabel
perkalian ini mampu mencapai tingkat kemampuan pemahaman konsep
pengoperasian perkalian. Kemampuan pemahaman konsep pengoperasian
perkalian terlihat melalui hasil instrument penilaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media tabel perkalian, kemampuan pemahaman, konseop operasi perkalian
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:27
Last Modified: 05 Apr 2022 07:27
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item
View Item