EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Musliman, Erwin (2021) EFEKTIVITAS MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
COVER ERWIN.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (340kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
BAB V.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (395kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan kepada siswa melalui media pengajaran dengan menggunakan audio visual dan mengetahui efektivitas penerapan media ini sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 1 Yogyakarta. Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar di dalam dunia pendidikan, tanpa adanya media yang memadai, maka proses pembelajaran tidak akan terlaksana dengan baik. Terlaksanya media pembelajaran yang baik, harapannya bisa meningkatkan hasil belajar dalam dunia pendidikan.
Popolasi penelitian ini adalah 52 siswa kelas V di SDN 1 Yogyakarta, yang terbagi menjadi 2 kelas. Sedangkan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 26 siswa kelas V A dan 26 siswa kelas V B. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik Purposive Sampling. Jenis penelitian ini adalah quasi experimental, sehingga analisis data dapat diketahui perbedaan hasil belajar kelas experiment dan kelas control.
Hasil penelitian kuantitatif eksperimental ini mengungkapkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis audio visual lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan media audio visual. Dapat dilihat dengan skor nilai kelompok eksperimen pretest, postest dan kelompok control pre-test, postest. Menunjukan bahwa kelas experiment lebih unggul. Dan sesuai hasil uji analaisis menunjukan bahwa hubungan kelompok dengan nilai postest berada pada nilai sig 0,02. Nilai tersebut dibawah taraf nyata (α) 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Yaitu menyatakan bahwa media audio visual lebih efektif dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional pada pokok bahasan tema 2 sub tema 1.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Media Audio Visual, Hasil Belajar Tematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:34
Last Modified: 06 Apr 2022 04:34
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item
View Item