KEMAMPUAN KETERAMPILAN MENGADAKAN UMPAN BALIK OLEH GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN LANGSUNG

Arizona, Esti (2021) KEMAMPUAN KETERAMPILAN MENGADAKAN UMPAN BALIK OLEH GURU PADA PROSES PEMBELAJARAN LANGSUNG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
COVER ESTI.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB 1 ESTI.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB 2 ESTI.pdf

Download (197kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB 3 ESTI.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB 4 ESTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB 5 ESTI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAPUS ESTI.pdf

Download (233kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menggali, menelaah serta mendeskripsikan secara umum tentang gambaran kemampuan keterampilan mengadakan umpan balik oleh guru kelas dalam pembelajaran di SDN 1 Giritunggal Kecamatan Pagelaran Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi fenomenologi. Kemampuan keterampilan guru mengadakan umpan balik menjadi tema dalam penelitian ini karena memiliki arti penting dalam proses pembelajaran. Penelitian berlangsung di SDN 1 Giritunggal tepatnya di Kecamatan Pagelaran Utara, dalam penelitian ditemukan catatan kendala yang di alami oleh guru kelas SDN 1 Giritunggal seperti kendala pada ku rangnya sumber belajar sebagai fasilitas penggunaan umpan balik. Hasil penelitian dari keempat tingkatan umpan balik yakni, pertama, kemampuan guru memberikan keterangan salah atau benar mendapatkan hasil dalam kategori “baik”. Kedua, kemampuan guru memberikan jawaban benar mendapatkan hasil dalam kategori “baik” dan “cukup baik”. Ketiga, kemampuan guru memberikan penjelasan materi mendapatkan hasil dengan kategori “baik”. Keempat, kemampuan guru memberikan pengajaran tambahan sebagai penguat pemahaman mendapatkan hasil dengan kategori “baik”. Maka hasil akhir penelitian menyatakan bahwa guru SDN 1 Giritunggal di Kecamatan Pagelaran Utara telah memiliki kemampuan keterampilan mengadakan umpan balik dalam proses pembelajaran secara langsung dengan kategori “Baik”, hal ini berarti seluruh guru kelas SDN 1 Giritunggal di Kecamatan Pagelaran Utara telah memiliki sekaligus mengadakan umpan balik dalam proses pembelajaran secara langsung sebanyak 4 kali selama satu minggu dengan tepat dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan mengajar, Kemampuan Umpan balik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:34
Last Modified: 06 Apr 2022 04:34
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item
View Item