PENGARUH MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDN PUNGKUT

Nurhidayati, Septi (2021) PENGARUH MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI SDN PUNGKUT. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
FILE 2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
FILE 3.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
FILE 4.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
FILE 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
FILE 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8_compressed (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil belajar merupakan salah satu acuan terhadap keberhasilan dalam proses
pendidikan. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu
kurangnya penggunaan media sebagai sumber belajar dan metode belajar kurang
bervariasi sehingga peserta didik kurang memahami materi pembelajaran dengan
baik dan tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan dengan
banyak peserta didik yang belum mencapai KKM. Berdasarkan latar belakang
tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media
lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik kelas IV di SDN Pungkut. Penelitian ini berbentuk quasi
experimen, quasi experimen yang digunakan nonequivalent control desain group.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV
SDN Pungkut yang berjumlah 45 orang, pengambilan sampelnya menggunakan
teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes (essay) dan
dokumentasi. Hasil uji hipotesis dengan uji t menggunakan program SPSS versi
21.0 diperoleh nilai t
hitung
(4,519) > t
tabel
(1,721) maka H
0
ditolak dan H
a
diterima.
Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sumber belajar lingkungan
terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik kelas IV di SDN
Pungkut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, media lingkungan, sumber belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 06 Apr 2022 06:57
Last Modified: 06 Apr 2022 06:57
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item
View Item