PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN KEDISIPLINAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PRINGSEWU

Prastyani, Shinta Bella (2021) PENGARUH PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DENGAN KEDISIPLINAN GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PRINGSEWU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
File 1..pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
File 2..pdf

Download (276kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
File 3..pdf

Download (340kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
File 4..pdf

Download (524kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
File 5..pdf
Restricted to Registered users only

Download (768kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
File 6..pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
File 7..pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
File 8..pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan
pembelajaran daring dengan kedisiplinan guru sekolah dasar negeri di Kecamatan
Pringsewu.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif metode studi kasus.
Variabel dalam penelitian adalah pelaksanaan pembelajaran daring (X) dan
kedisiplinan guru (Y). Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 297 guru
yang ada di Kecamatan pringsewu. Peneliti menenetukan sampel dengan rumus
slovin didapatkan sebanyak 75 sampel, setelah itu peneliti menentuka sampel
perwilayah dengan rumus proposional random sampling yang akan mewakili
perwilayah guna memudahkan peniliti dalam pengumpulan data. Pada penelitian
ini menggunakan analisis regresi untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian
menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara pelaksanaan pembelajaran daring
dengan kedisiplinan guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Pringsewu dengan
nilai t
hitung
> t
tabel
(3,026 > 1,993) dan nilai signifikansi sebesar 0,003 < 0,05, atau
H
O
ditolak dan H
a
diterima menurut kepala sekolah. Adapun menurut guru
menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pelaksanaan pembelajaran daring
terhadap kedisiplinan guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Pringsewu dengan
nilai nilai r
hitung
> r
tabel
(2.000 > 1,993) dan nilai signifikansi sebesar 0,049 < 0,05,
atau H
O
ditolak dan H
a
diterima. Dengan nilai pengaruh 11,1 % dan 88,9 %
dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti menurut kepala sekolah,
sedangkan menurut guru 5,2 % dan 94,8 % dipengaruhi oleh variabel lain yang
tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran Daring, Kedisiplinan Guru Sekolah Dasar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:48
Last Modified: 07 Apr 2022 03:48
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/673

Actions (login required)

View Item
View Item