ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PRINGSEWU

Ambarwati, Sovi (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA PGSD UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PRINGSEWU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
file 1 ( cover).pdf

Download (568kB)
[thumbnail of file 2 (bab1).pdf] Text
file 2 (bab1).pdf

Download (169kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
file 2 (bab1).pdf

Download (169kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
file 3 (bab2 ).pdf

Download (424kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
file 4 (bab 3).pdf

Download (299kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
file 5 (bab 4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (950kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
file 6 (bab 5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
dapus.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
lampiran_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis pada materi persamaan dan
pertidaksamaan linear adalah kemampuan yang dimiliki mahasiswa untuk
mengembangkan dan mengaplikasikan konsep dengan tepat agar dapat
menyelesaikan suatu soal atau masalah. Mahasiswa beranggapan bahwa
dalam menyelesaikan soal matematika dengan mudah adalah dengan cara
menghafal rumus namun kenyataannya dalam memecahkan masalah
matematika seseorang memerlukan pemahaman konsep matematis. Metode
penelitian ini adalah deskriptif sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa
PGSD Universitas Muhammadiyah Pringsewu. Berdasarkan hasil penelitian
menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis mahasiswa
PGSD masih tergolong rendah, berdasarkan hasil analisis terhadap hasil
jawaban mahasiswa pada tes kemampuan pemahaman konsep matematis
materi persamaan dan pertidaksamaan linear. Data menunjukkan bahwa dari
180 mahasiswa hanya 27 mahasiswa atau 15 % yang mampu menjawab 2 soal
tes yang diberikan. Sementara 85% tidak dapat menjawab soal dengan benar
sehingga jawaban yang mahasiswa berikan menggambarkan bahwa
kemampuan pemahaman konsep matematis yang dimiliki mahasiswa masih
rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep matematis, persamaan linear, pertidaksamaan linear
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 07 Apr 2022 03:48
Last Modified: 07 Apr 2022 03:48
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/675

Actions (login required)

View Item
View Item