Baroroh, Unasi (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
file.1.pdf
Download (229kB)
File.2.pdf
Download (206kB)
file.3.pdf
Download (61kB)
file.4.pdf
Download (271kB)
file.5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB)
file.6.pdf
Restricted to Registered users only
Download (70kB)
file.7.pdf
Download (12kB)
file.8.pdf
Download (944kB)
Abstract
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR
KOGNITIF PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Unasi Baroroh
iii
ABSTRAK
Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV
SD Negeri 2 Air Naningan. Hal ini dapat dilihat dari data siswa yang
mendapatkan nilai di bawah KKM yaitu ≥ 65 sebanyak 61,54%. Salah satu untuk
mengatasi masalah ini adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif
tipe Think Pair Share (TPS). Rumusan masalah ini adalah apakah ada pengaruh
model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar
kognitif peserta didik di SD Negeri 2 Air Naningan. Tujuan dari penelitian ini
yaitu: Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di SD Negeri 2 Air Naningan.
Adapun hipotesis dari peneitian ini yaitu: Ada pengaruh model pembelajaran
kooperitif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar kognitif matematika
siswa kelas IV SD Negeri 2 Air Naningan.
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV semester genap SDN 2 Air Naningan Tahun ajaran
2020/2021. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas IVA dan kelas IVB.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes yang terdiri dari 4 butir soal yang
berbentuk uraian. Analisis yang digunakan adalah uji-t pada taraf nyata 5%
dengan persyaratan uji normalitas dan uji homogenitas.
Uji-t dua pihak menunjukan bahwa t
hitungI
=5,305< t
=1,943 dan uji-t satu pihak
menunjukan bahwa t
hitungI
=5,305< t
tabel
tabel
=1,673 serta rata-rata hasil belajar siswa
kelas eksperimen sebesar 63,74 dan kelas kontrol sebesar 57,32. Berdasarkan hasil
analisis data dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran kooperitif tipe
Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar kognitif matematika siswa kelas IV
SD Negeri 2 Air Naningan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kooperatif tipe TPS, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | S.I.Pust. Riska Dwi Soffa |
Date Deposited: | 08 Apr 2022 01:26 |
Last Modified: | 08 Apr 2022 01:26 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/682 |