EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUKOHARJO

Pradani, Adelia (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUKOHARJO. Masters thesis, UMPRI.

[thumbnail of Cover] Text (Cover)
COVER (2).pdf

Download (418kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (841kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA SOSIAL
PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUKOHARJO

Oleh :
Adelia Pradani
17060016

Upaya menindak lanjuti Permendikbud No. 4 Tahun 2020, sekolah-sekolah di
Kecamatan Sukoharjo menerapkan pembelajaran daring melalui media sosial.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring melalui
media sosial pada siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sukoharjo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode survei. Efektivitas
pembelajaran daring menjadi tema dalam penelitian ini karena memiliki arti
penting dengan digunakannya media sosial seperti whatsapp. Penelitian ini
menggunakan Angket berupa google form yang berisi 13 pertanyaan yang
dibagikan kepada 30 responden yang merupakan guru kelas 5 dari 30 Sekolah
Dasar se-Kecamatan Sukoharjo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran daring melalui
media sosial pada kelas 5 Sekolah Dasar di Kecamatan Sukoharjo sudah
terlaksana. Penggunaan media sosial dapat membantu dalam efektivitas
pembelajaran daring, dengan catatan bahwa 21 dari 30 guru kelas 5 tidak selalu
melakukan pembelajaran daring dengan sempurna. Berdasarkan tiga kategori
mengenai jaringan, kompetensi guru dan kompetensi peserta didik maka berikut
ini adalah catatan yang ditemukan dalam penelitian. Pertama, tentang jaringan,
alat komunikasi dan aplikasi dalam media sosial mendapatkan hasil paling tinggi
pada kategori kadang-kadang yaitu 40%, 56%, 7% dan kategori seringkali 46,7%,
60%. Kedua, kempetensi komunikasi seorang guru mendapatkan hasil pada
kategori seringkali 43,3%, 63,3%, 70% dan kadang-kadang 43,3% dan 50%.
Ketiga, karakterisik peserta didik mendapatkan hasil pada kategori kadang-kadang
53,3%, 50%, 46,7%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: pembelajaran daring, media sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 11 Oct 2021 08:24
Last Modified: 11 Oct 2021 08:24
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item
View Item