Pradani, Adelia (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA SOSIAL PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUKOHARJO. Masters thesis, UMPRI.
COVER (2).pdf
Download (418kB)
BAB I.pdf
Download (166kB)
BAB II.pdf
Download (251kB)
BAB III.pdf
Download (319kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (841kB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (220kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI MEDIA SOSIAL
PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUKOHARJO
Oleh :
Adelia Pradani
17060016
Upaya menindak lanjuti Permendikbud No. 4 Tahun 2020, sekolah-sekolah di
Kecamatan Sukoharjo menerapkan pembelajaran daring melalui media sosial.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring melalui
media sosial pada siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Sukoharjo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode survei. Efektivitas
pembelajaran daring menjadi tema dalam penelitian ini karena memiliki arti
penting dengan digunakannya media sosial seperti whatsapp. Penelitian ini
menggunakan Angket berupa google form yang berisi 13 pertanyaan yang
dibagikan kepada 30 responden yang merupakan guru kelas 5 dari 30 Sekolah
Dasar se-Kecamatan Sukoharjo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran daring melalui
media sosial pada kelas 5 Sekolah Dasar di Kecamatan Sukoharjo sudah
terlaksana. Penggunaan media sosial dapat membantu dalam efektivitas
pembelajaran daring, dengan catatan bahwa 21 dari 30 guru kelas 5 tidak selalu
melakukan pembelajaran daring dengan sempurna. Berdasarkan tiga kategori
mengenai jaringan, kompetensi guru dan kompetensi peserta didik maka berikut
ini adalah catatan yang ditemukan dalam penelitian. Pertama, tentang jaringan,
alat komunikasi dan aplikasi dalam media sosial mendapatkan hasil paling tinggi
pada kategori kadang-kadang yaitu 40%, 56%, 7% dan kategori seringkali 46,7%,
60%. Kedua, kempetensi komunikasi seorang guru mendapatkan hasil pada
kategori seringkali 43,3%, 63,3%, 70% dan kadang-kadang 43,3% dan 50%.
Ketiga, karakterisik peserta didik mendapatkan hasil pada kategori kadang-kadang
53,3%, 50%, 46,7%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: pembelajaran daring, media sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 08:24 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 08:24 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/69 |