ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ACER PADA MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pringsewu Tahun 2019)

Saputri, Okta (2020) ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN LAPTOP MEREK ACER PADA MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pringsewu Tahun 2019). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
oKTA SKRIP_1.pdf

Download (888kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
oKTA SKRIP_2.pdf

Download (657kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
oKTA SKRIP_3.pdf

Download (782kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
oKTA SKRIP_4.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
oKTA SKRIP_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (779kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
oKTA SKRIP_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
oKTA SKRIP_7.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
oKTA SKRIP_8.pdf

Download (586kB)

Abstract

OKTA SAPUTRI, Analisis Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer Pada
Mahasiswa Dengan Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus Pada Mahasiswa
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pringsewu Tahun 2019)
(Di bawah bimbingan Bapak Drs. H. Suminto Affandi, M.M., Sebagai Pembimbing I
dan Ibu Dewi Mariam Widiniarsih, S.E., M.M., Sebagai Pembimbing II). xiii + 44
halaman + 2 tabel + 1 Gambar dan lampiran.

Keputusan pembelian dapat diartikan sebagai bagian dari perilaku konsumen yang
bertujuan untuk menentukan proses pengembangan keputusan dalam membeli suatu
barang atau jasa dimana individu terlibat secara langsung dalam mendapatkan dan
mempergunakan barang atau jasa yang ditawarkan tersebut. Analisis SWOT adalah
salah satu langkah yang penting pada mahasiswa dalam memilih sebuah produk
laptop. Tujuannya adalah untuk mendapatkan produk sesuai dengan harapan.
Mahasiswa dalam membeli sebuah produk laptop perlu mempertimbangkan aspek
kekuatan, kelemahan, peluang, dan tantangan.
Masalah penelitian ini adalah sebagian besar mahasiswa angkatan 2016 pada Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Pringsewu lebih memilih laptop
merek Acer dibandingkan merek lain.
Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimanakah keputusan pembelian laptop
merek Acer pada mahasiswa dengan menggunakan analisis SWOT?.
Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui keputusan pembelian laptop merek
Acer pada mahasiswa.

Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini
adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah
Pringsewu angkatan 2016 yang berjumlah 130 orang, dengan jenis pengambilan
simple random sampling didapat sampel sebesar 33 orang. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT.

Berdasarkan analisis data didapat hasil bahwa Kekuatan yang dimiliki oleh laptop
Acer antara lain Merek sudah terkenal di kalangan mahasiswa, Harga yang
ditawarkan terjangkau, Pilihan model dan warna banyak, serta Spesifikasi yang
dimiliki lengkap. Kelemahan yang dimiliki oleh laptop Acer antara lain Jumlah
Service Center resmi yang hanya ada di kota besar, dan Mudah mengalami kerusakan
terutama pada baterai dan keyboard. Peluang yang dimiliki oleh laptop Acer antara
lain Memperbanyak service center resmi sampai ke kota kecil agar konsumen mudah
menjangkau, dan Membuat laptop dengan kualitas yang awet. Ancaman yang dimiliki
oleh laptop Acer antara lain Hadirnya produk merek lain yang menawarkan harga dan
kualitas yang baik, dan Beralihnya konsumen kepada produk merek lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1 Manajemen
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 21 Apr 2022 02:06
Last Modified: 21 Apr 2022 02:06
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/736

Actions (login required)

View Item
View Item