PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK KATA KUNCI DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 GADINGREJO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Bagaskara, Muhammad Irfan (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI TEKNIK KATA KUNCI DENGAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 GADINGREJO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
cover irfan bagaskara.pdf

Download (380kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
BAB I.pdf

Download (337kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap siswa, keterampilan menulis meliputi keterampilan menulis sastra dan non sastra, salah satu keterampilan menulis sastra yaitu puisi, puisi merupakan karya sastra yang terikat baik oleh bait dan syair. Dari hasil pra-penelitian yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo, diketahui bahwa para siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis/membuat sebuah puisi. Salah satu upaya yang peneliti lakukan untuk meningkatkan kemampuian siswa melalui teknik kata kunci dengan media gambar. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu: “apakah media gambar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 SMP Muhammadiyah 1 Gadingrejo yang berjumlah 30 siswa, penelitian ini terdiri atas dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan non tes, teknik tes berupa tes menulis puisi, sedangkan teknik non tes berupa tes wawancara. Hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata pra-siklus, siklus I dan siklus II. Hasil rata-rata pra-siklus sebesar 64,79 sebanyak 6 siswa (20%) tuntas dan 24 siswa (80%) tidak tuntas dari 30 siswa. Selanjutnya pada siklus I meningkat dengan nilai rata-rata 71,04 sebanyak 14 siswa (46,67%) tuntas dan 16 siswa (53,33%) tidak tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata 77,95 dengan jumlah 24 siswa (80%) tuntas, yang tidak tuntas 6 siswa (20%) dari 30 siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media gambar, menulis, puisi
Subjects: P Language and Literature > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 17 May 2022 05:05
Last Modified: 17 May 2022 05:05
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item
View Item