Yustikasari, Miranda (2020) KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA BERDASARKAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 PAGELARAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
miranda skripsi joss_1.pdf
Download (1MB)
miranda skripsi joss_2.pdf
Download (628kB)
miranda skripsi joss_3.pdf
Download (857kB)
miranda skripsi joss_4.pdf
Download (876kB)
miranda skripsi joss_5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (899kB)
miranda skripsi joss_6.pdf
Restricted to Registered users only
Download (620kB)
miranda skripsi joss_7.pdf
Download (456kB)
miranda skripsi joss_8.pdf
Download (326kB)
Abstract
Menulis teks drama merupakan kegiatan menuangkan pikiran melalui tulisan dan
menghasilkan cerita berdialog, alur, dan watak dengan bahasa yang kreatif.Dalam
kurikulum 2013, peserta didik diharapkan memahami bagaimana menulis teks drama
berdasarkan struktur dan kebahasaan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara
peneliti dengan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 1
Pagelaran didapatkan hasil sebagian besar dari siswa di dalam kelas masih belum
mampu untuk menuliskan teks drama sesuai struktur dan kaidah kebahasaan,
sebagian siswa mengalami kesulitan dalam menuliskan teks drama sesuai struktur dan
kaidah kebahasaan karena kurangnya minat siswa dalam menulis. Tujuan penelitian
ini untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks drama yang sesuai
dengan struktur dan kebahasaan pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Pagelaran
Tahun Pelajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi
dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Muhammadiyah 1
Pagelaran tahun pelajaran 2019-2020 sebanyak 124 siswa.Sampel dalam penelian ini
adalah siswa kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 1 Pagelaran Tahun Pelajaran 2019-
2020 yang berjumlah 30 siswa. Teknik dan alat pengumpulan data dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara dan test kemampuan menulis drama. Teknik analisis
data pada penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data-data yang diperoleh
dari hasil test kemudian menganalisis seluruh data sesuai yang diperoleh, setelah itu
mengidentifikasikan data sesuai dengan kemampuan menulis teks drama berdasarkan
struktur dan kebahasaan, selanjutnya memberi nilai pada masing-masing aspek dan
nilai akhir dengan rumus: N =
x bobot. Berdasarkan hasil analisis data diketahui
bahwa siswadengan kategori sangat baik sebanyak 1 siswa, siswadengan kategori
baik sebanyak 7 siswa, siswadengan kategori cukup sebanyak 20 siswa dan siswa
dengan kategori kurang sebanyak 2 siswa. Kemampuan rata-rata siswa dalam menulis
teks drama yang sesuai dengan struktur dan kebahasaan pada kelas VIII SMP
Muhammadiyah 1 Pagelaran Tahun Pelajaran 2019-2020 adalah 69,78 maka dapat
disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan siswa tergolong cukup.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menulis, Teks Drama, Struktur dan Kaidah Kebahasaan |
Subjects: | P Language and Literature > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Eka Noviana |
Date Deposited: | 25 May 2022 06:16 |
Last Modified: | 25 May 2022 06:16 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/868 |