PENGGUNAAN DIKSI PADA PENGISI SUARA KARTUN GAME ANAK-ANAK DI YOUTUBE

Suherman, Suherman (2021) PENGGUNAAN DIKSI PADA PENGISI SUARA KARTUN GAME ANAK-ANAK DI YOUTUBE. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
suherman_1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
suherman_2.pdf

Download (862kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
suherman_3.pdf

Download (912kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
suherman_4.pdf

Download (751kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
suherman_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
suherman_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (775kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
suherman_7.pdf

Download (602kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
suherman_8.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penguasaan bahasa seseorang dapat tercermin dari kekayaan diksi yang
digunakannya. Dewasa ini media sosial memiliki peranan yang sangat penting
dalam komunikasi karena lebih efektif dan efisien. Salah satu media sosial yang
banyak digemari saat ini youtube dengan tayangan game online. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan diksi pada
tayangan kartun game online anak-anak di youtube. Penelitian ini bersifat
deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah video kartun game
online anak-anak di youtube. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi,
menganalisis, dan mendeskripsikan diksi dalam pengisi suara kartun game online
anak-anak di youtube. Hasil penelitian membuktikan bahwa bahasa yang
digunakan oleh para pengisi suara atau youtubers merupakan bahasa yang populer
dan dikenal di masyarakat terutama remaja dan anak-anak. Terdapat penggunaan
kosa kata yang akrab ditelinga penonton atau pemirsa remaja dan anak-anak.
Terutama kata sapaan dari Maul Ibra seperti „Hallo, Oke guys dan okay dadah‟.
Selanjutnya Bli Dwiik menggunakan kata slang seperti „anjay, anjir, santuy dan
cuy„ serta Pandu Gaming yang sering kali menggunakan kata populer di
masyarakat seperti kata „enggak, temen-temen, kali ini, deketin, biarin, dateng,
cepetan‟. Dari hasil penelitian ini, diharapkan dapat bermanfaat bagi pembaca,
untuk penelitian selanjutnya dapat dijadikan acuan pada jenis penelitian yang lain
atau sebagai bahan perbandingan antara sastra yang satu dengan yang lain

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: diksi, kartun game, youtube.
Subjects: P Language and Literature > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 25 May 2022 07:06
Last Modified: 25 May 2022 07:06
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/877

Actions (login required)

View Item
View Item