ANALISIS MANAJEMEN PIUTANG PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT SURYA ASIH TAHUN 2020

Rosmawati, Rosmawati (2021) ANALISIS MANAJEMEN PIUTANG PASIEN BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT SURYA ASIH TAHUN 2020. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
ROSMAWATI _1.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
ROSMAWATI _2.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
ROSMAWATI _3.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
ROSMAWATI _4.pdf

Download (298kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
ROSMAWATI _5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
ROSMAWATI _6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
ROSMAWATI _7.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
ROSMAWATI _8.pdf

Download (1MB)

Abstract

ROSMAWATI, “Analisis Manajemen Piutang Pasien BPJS Rawat Inap Di
Rumah Sakit Surya Asih Tahun 2020” (Di bawah bimbingan Atmi Saptarini,
S.E., M.M. sebagai pembimbing utama dan Juliono, S.Pd., M.M. sebagai
pembimbing pembantu), terdapat xv + 67 halaman + 5 tabel + 3 gambar + 5
lampiran.
Manajemen piutang merupakan salah satu kegiatan dari manajemen keuangan.
Kegagalan pengolahan piutang di rumah sakit akan mengakibatkan cash flow
rumah sakit terganggu yang akhirnya akan menganggu operasional rumah
sakit.
Masalah dalam penelitian ini adalah penagihan piutang (klaim) kepada BPJS
terkadang mengalami keterlambatan dan menghambat cash flow keuangan
rumah sakit. Sementara dokter dan tenaga medis lainnya menuntut
pembayaran jasa mereka dilakukan selalu tepat waktu.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen piutang
pasien BPJS rawat inap di Rumah Sakit Surya Asih dan kelancaran penyelesaian
piutang BPJS.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif Pengumpulan data
menggunakan Dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan tahapan
analisa data kualitatif.
Berdasarkan hasil analisa dapat di simpulkan bahwa Manajemen Piutang Rumah
Sakit Surya Asih sudah dilakukan dengan baik. Jumlah SDM cukup, tersedia SOP
yang jelas serta tersedia sistem informasi berbasis komputer (Khanza) yang
membantu mempercepat proses rekapitulasi data dan meminimalisir kesalahan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Piutang, Piutang BPJS
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1 Manajemen
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 27 May 2022 02:19
Last Modified: 27 May 2022 02:19
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/882

Actions (login required)

View Item
View Item