PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI RAKYAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN CIRC SISWA

Cahyati, Asmara Gani (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI RAKYAT MELALUI METODE PEMBELAJARAN CIRC SISWA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
SKRIPSI LENGKAP 1_1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
SKRIPSI LENGKAP 1_2.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
SKRIPSI LENGKAP 1_3.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
SKRIPSI LENGKAP 1_4.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
SKRIPSI LENGKAP 1_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP 1_6.pdf] Text
SKRIPSI LENGKAP 1_6.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
SKRIPSI LENGKAP 1_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI LENGKAP 1_7.pdf

Download (63kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
SKRIPSI LENGKAP 1_8.pdf

Download (481kB)

Abstract

Kualitas dan kuantitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, khususnya
kemampuan ,menulis puisi rakyat pada siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan.
Untuk menanggulangi kekurangan ini, maka daya serap atau kemampuan siswa
dalam menulis puisi rakyat perlu ditingkatkan dengan salah satu metode
pembelajaran kooperatif yaitu metode pembelajaran CIRC. Rumusan masalah
penelitian adalah “Apakah ada peningkatan kemampuan menulis puisi rakyat melalui
metode pembelajaran CIRC pada siswa?” Tujuan penelitian untuk mengetahui
peningkatan kemampuan menulis puisi rakyat melalui metode pembelajaran CIRC
siswa kelas VII Semester Genap SMP Muhammadiyah Pringsewu Kabupaten
Pringsewu Tahun Pelajaran 2019/2020.
Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian adalah CIRC, dilakukan
dengan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penelitian ini siswa kelas VII B
semester genap SMP Muhammadiyah Pringsewu Kabupaten Pringsewu Tahun
Pelajaran 2019/2020, berjumlah 26 siswa. Kegiatan pembelajaran dilakukan dua
siklus, dalam masing-masing siklus diberikan penilaian menggunakan rumus
pensekoran sebagai berikut:
NA=
x 100
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: ”Ada peningkatan
kemampuan menulis puisi rakyat melalui metode pembelajaran CIRC siswa kelas VII
B semester Genap SMP Muhamadiyah Kabupaten Prinsgewu tahun pelajaran
2019/2020. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pra-siklus sebesar 66,97, dengan
ketuntasan belajar 12 siswa (46,15%), nilai rata-rata siklus I sebesar 78,52, dengan
ketuntasan belajar 20 siswa (76,92%) dan nilai rata-rata siklus II sebesar 81,73,
dengan ketuntasan belajar 26 siswa (100,00%). Peningkatan nilai rata-rata dari prapenelitian
ke siklus II sebesar 14,76.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Menulis Puisi Rakyat, Metode Pembelajaran, CIRC,
Subjects: P Language and Literature > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:08
Last Modified: 06 Jun 2022 02:08
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/911

Actions (login required)

View Item
View Item