REFEREN DAN REFERENSI PADA BAHASA IKLAN DI TELEVISI

Rohmadi, Bambang (2020) REFEREN DAN REFERENSI PADA BAHASA IKLAN DI TELEVISI. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
SKRIPSI BAMBANG_1.pdf

Download (775kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
SKRIPSI BAMBANG_2.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
SKRIPSI BAMBANG_3.pdf

Download (752kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
SKRIPSI BAMBANG_4.pdf

Download (590kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
SKRIPSI BAMBANG_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (766kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
SKRIPSI BAMBANG_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
SKRIPSI BAMBANG_7.pdf

Download (323kB)

Abstract

Referen bahasa adalah benda, tindakan, sifat, keadaan, jumlah, dan
sebagainya yang mengacu kepada dunia nyata kehidupan manusia,
sedangkan referensi adalah hasil konseptualisasi hubungan antara
simbol dengan referen yang diacu. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah bagaimanakah makna referen dan referensi pada bahasa
iklan televisi di Chanel MNCTV. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan makna referen dan referensi pada bahasa iklan
televisi di Chanel MNCTV. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif.
Teknik pengumpulan data adalah metode simak, dengan teknik dasar
sadap, dan teknik lanjutan simak bebas libat cakap. Sumber data yang
digunakan adalah video iklan televisi yang didokumentasikan dengan
cara direkam. Populasi dari iklan MNCTV selama sehari adalah 102,
sementara sampelnya adalah 10% dari 102 yaitu 11 iklan. Teknik
analisis datanya adalah menggunakan Metode Referensial yang
merupakan bagian dari Metode Padan. Indikator penelitian ini adalah
simbol, topik nyata, referen, referensi, dan hubungan antara referen
dan referensi. (1) Bahasa dalam iklan ini termasuk ke dalam bahasa
simbolik karena merujuk kepada referen di luar bahasa. Adapun hasil
dan pembahasan penelitian ini adalah (2) Penggunaan topik nyata pada
bahasa iklan MNCTV sudah merujuk pada penggunaan referensi
secara tepat yaitu penggunaan topik yang ditunjuk, dipegang, dilihat,
didengar, dan berupa kegiatan. (3) Referen pada iklan MNCTV sudah
mengacu serta tepat pada benda, orang, kejadian, peristiwa, di dunia
nyata. (4) Referensi bahasa iklan MNCTV sudah terkandung makna
hubungan antara simbol dengan referen hingga diketahui makna yang
logis. Dalam referensi ini ditemukan referensi eksofora dan endofora.
(5) Sementara dari hubungan antara referen dan referensi sudah
mengandung arti, gagasan, konsep, pernyataan, pesan, informasi,
maksud, atau isi dari sebuah iklan. Ternyata dalam sebuah iklan juga
mengandung pesan moral bagi penontonnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Referen, Referensi, Iklan, televisi.
Subjects: P Language and Literature > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:08
Last Modified: 06 Jun 2022 02:08
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item
View Item