PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

Pamungkas, Aditya Fajar (2023) PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (931kB)

Abstract

Video animasi merupakan salah satu media pembelajaran yang sering dipakai di dunia
Pendidikan. Video animasi dapat menampilkan materi pembelajaran dengan tambahan
audio dan animasi sehingga menarik perhatian peserta didik. Pemahaman konsep peserta
didik khususnya dalam pembelajaran tematik cukup rendah. Hal ini terlihat dari
penyelesaian tes tertulis yang telah diberikan kepada peserta didik dan terbukti bahwa
pemahaman konsep peserta didik kelas V di UPT SDN 2 Banyuwangi cukup rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video animasi terhadap
pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran tematik.
Metode penelitianyang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan
pendekatan Pre Experimental Desain lalu desain yang digunakan pada penelitian ini
yaitu One Group Pretest-Posttest Design, populasi dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas V UPT SDN 2 Banyuwangi. Instrumen yang digunakan berupa tes (soal
essay). Soal terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji
hipotesis.
Berdasarkan hasil perhitungan analisis data yang digunakan diperoleh bahwa t hitung
> t tabel yaitu 5.061 > 0.468. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan video
animasi terhadap pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: video animasi, pemahaman konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 11 Aug 2023 07:18
Last Modified: 11 Aug 2023 07:18
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/979

Actions (login required)

View Item
View Item