Prasetiyo, Agung (2022) PERSEPSI GURU TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN TALANG PADANG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
Halaman Depan.pdf
Download (384kB)
BAB 1.pdf
Download (153kB)
BAB 2.pdf
Download (280kB)
BAb 3.pdf
Download (412kB)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (765kB)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (170kB)
Abstract
Rendahnya pemahaman guru terkait pemecahan masalah dalam pembelajaran dipengaruhi
oleh sedikitnya pengetahuan persepsi guru terhadap pemecahan masalah, sehingga siswa belum
dapat memahami pembelajaran yang telah dipelajari yang mengakibatkan hasil belajar siswa kurang optimal.
Salah satu diantaranya ialah kemampuan pemecahan masalah. Salah satu pembelajaran yang
digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah pemecahan masalah. Metode ini dapat
menimbulkan daya kretaivitas anak dan melatih anak untuk berpikir menyelasaikan masalah dalam
kehidupan nyata. Penerapan metode pemecahan masalah yaitu mengaplikasikan kegiatan belajar mengajar
yang bermula dari sebuah masalah melalui langkah-langkah kegiatan pembelajaran. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui Persepsi guru terhadap pemecahan masalah peserta didik
di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Talang Padang.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif
deskriptif dengan pendekatan survei. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru sekolah dasar negeri Se-Kecamatan Talang
Padang. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pengujian
hipotesis menggunakan analisis deskriptif yang diselesaikan dengan bantuan program SPSS versi
28.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap pemecahan masalah peserta
didik di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Talang Padang paling dominan pada kategori
sangat baik yaitu 21 orang, dengan pesentase keseluruhan mencapai 70,%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi, Kemampuan, Pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 07:17 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 07:17 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/985 |