PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN BERHITUNG PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR

Putri, Aleta Yoni Milentika (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA DAN BERHITUNG PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
Cover-1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab 2.pdf

Download (203kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab 3.pdf

Download (59kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (51kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan membaca dan
berhitung permulaan siswa kelas 1 salah satu penyebabnya adalah media yang
digunakan dalam pembelajaran kurang tepat dan pembelajaran lebih berpusat pada
guru sehingga membuat siswa pasif. Rendahnya kemampuan membaca dan
berhitung permulaan tersebut dapat ditingkatkan salah satunya dengan
menggunakan media puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
adanya pengaruh penggunaan media puzzle terhadap kemampuan membaca dan
berhitung permulaan siswa sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian the one grup
pretest n posttest yaitu kelompok eksperimen yang digunakan hanya satu
kelompok belajar. Prosedur penelitian yaitu tes, dengan pretest dan posttest.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 UPT SON 1 Banyu Urip,
Kecamatan Banyumas, Kabupaten Pringsewu, Lampung.
Hasil penelitian pretest menunjukkan siswa yang tuntas dari 30 siswa hanya 5
siswa untuk membaca permulaan dan 7 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan
Minimun (K.KM) atau dikategorikan sangat rendah karena nilai rata-rata yang
diperoleh sebesar 55,67% untuk membaca permulaan dan 60,33% untuk berhitung
permulaan. Dan hasil posttest dari 30 siswa terdapat 26 siswa yang tuntas
membaca permulaan dan 25 siswa yang tuntas berhitung pennulaan telah
memenuhi KK.M dan secara klasikal sudah terpenuhi yaitu nilai rata-rata yang
diperoleh sebesar 89 untuk membaca permulaan dan 87 untuk berhitung
permulaan atau berada pada kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian
tersebut, dapat disimpulkan hasil belajar membaca dan berhitung pennulaan siswa
sekolah dasar melalui media puzzle mengalami peningkatan

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: media puzzle, membaca permulaan, berhitung permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:19
Last Modified: 16 Aug 2023 04:19
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/988

Actions (login required)

View Item
View Item