PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PECAHAN SISWA KELAS V DI SDN 2 KARANGSARI

Saloka, Anas (2022) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PECAHAN SISWA KELAS V DI SDN 2 KARANGSARI. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
SKRIPSI ANAS SALOKA_1.pdf

Download (333kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
SKRIPSI ANAS SALOKA_2.pdf

Download (204kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
SKRIPSI ANAS SALOKA_3.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
SKRIPSI ANAS SALOKA_4.pdf

Download (438kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
SKRIPSI ANAS SALOKA_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
SKRIPSI ANAS SALOKA_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
SKRIPSI ANAS SALOKA_7.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
SKRIPSI ANAS SALOKA_8.pdf

Download (504kB)

Abstract

Realitanya dalam pendidikan meskipun disiplin itu sangat penting akan
tetapi masih banyak siswa yang mengalami permasalahan kedisiplinan disekolah.
Salah satunya adalah disiplin siswa yang masih kurang dalam mengikuti kegiatan
belajar mengajar pada jam pertama sekolah, tidak tertib dalam ngerjakan tugas.
tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan
antara disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pecahan siswa
kelas V SDN 2 Karangsari.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
penelitian Ex post facto. Penelitian ini menerangkan adanya pengaruh sebab
akibat antar variabel dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya.
Penelitian Ex post facto penelitian dimana variabel-variabel bebas telah terjadi
ketika peneliti memulai dengan pengamatan variabel-variabel terikat dalam suatu
penelitian.
Pengujian Hipotesis Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Uji beda dengan menggunakan uji one way anova. Peneliti telah
membuktikan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifakan disiplin belajar
terhadap hasil belajar pada pembelajaran matematika sekolah dasar. Berdasakan
uraian diatas maka dapat disimpulkan oleh peneliti bahwasanya terdapat ada
pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar
matematika pecahan siswa kelas V SDN 2 Karangsari. dengan item pernyataan
yang valid membuktikan hasil r
Hitung
> dari r
. Uji reliabilitas berdasarkan
perhitungan Microsoft Excel 2007 diperoleh 0,94 bahwa seluruh item tersebut
reliabel.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 16 Aug 2023 04:19
Last Modified: 16 Aug 2023 04:19
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/989

Actions (login required)

View Item
View Item