Nurhayati, Dewi (2022) LAFAL DAN INTONASI DALAM MEMERANKAN TOKOH DONGENG SISWA KELAS 3 SD NEGRI 2 SENDANG AGUNG. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
COVER.pdf
Download (601kB)
BAB I.pdf
Download (175kB)
BAB II.pdf
Download (173kB)
BAB III.pdf
Download (174kB)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (87kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (157kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (3MB)
Abstract
Lafal dan intonasi siswa dalam memerankan dongeng masih rendah. Lafal dan intonasi merupakan ketrampilan berbicara. Lafal dan intonasi dapat dilatih melalui pembelajaran dongeng. Pembelajaran memerankan tokoh dongeng yang melibatkan siswa secara langsung dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa sekaligus melatih siswa berbicara dengan lafal, intonasi dan suara yang jelas.
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan lafal dan intonasi siswa dalam memerankan tokoh dongeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 13 siswa kelas 3 SD Negri 2 Sendang Agung. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara terhadap guru kelas 3. Data yang diperoleh kemudian direduksi, diuji kebenaran untuk mendapatkan hasil.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas 3 SD Negri 2 Sendang Agung telah memenuhi kriteria dalam mendongeng yaitu vocal, konsonan, diftong, gabungan konsonan, tempo, nada dan volume. Karena dari 13 siswa hanya 2 siswa yang belum memenuhi kriteria dalam mendongeng.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lafal, Intonasi, Dongeng, Pembelajaran |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Eka Noviana |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 02:44 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 02:44 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/997 |