PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK 5 CUACA SUBTEMA 4 CUACA, MUSIM, IKLIM BERBASIS APLIKASI POWTOON KELAS 3 SD NEGERI 2 GADINGREJO UTARA

Safitri, Diana (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK 5 CUACA SUBTEMA 4 CUACA, MUSIM, IKLIM BERBASIS APLIKASI POWTOON KELAS 3 SD NEGERI 2 GADINGREJO UTARA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1.pdf

Download (783kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
FILE 2 (BAB I).pdf

Download (266kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
FILE 3 (BAB II).pdf

Download (440kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
FILE 4 (BAB III).pdf

Download (566kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
FILE 5 (BAB IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
FILE 6 (BAB V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7 (DAFTAR PUSTAKA).pdf

Download (365kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8 (LAMPIRAN).pdf

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar di sekolah dasar hanya menggunakan buku paket tematik terpadu dan kurangnya inovasi dalam merancang bahan ajar. Tujuan penelitin ini adalah untuk mendeskripsikan pengembangan bahan ajar tematik 5 cuaca, subtema 4 cuaca, musim, dan iklim berbasis aplikasi powtoon kelas 3 SD Negeri 2 Gadingrejo Utara.
Jenis penelitian ini adalah Research and Developmen (RND) adaptasi Borg and Gall. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan tes. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan hasil persentase rata-rata pretest, posttest, dan uji n-gain.
Pengembangan bahan ajar tematik 5 cuaca, subtema 4 cuaca, musim, dan iklim berbasis aplikasi powtoon pada kelas 3 SD Negeri 2 Gadingrejo Utara, meliputi beberapa tahapan antara lain tahap pertama, potensi dan masalah yang terjadi di sekolah dasar bahwa bahan ajar hanya menggunakan buku paket tematik terpadu kurikulum 2013 kelas 3 SD/MI. Selain itu, kurang inovasi dalam merancang bahan ajar tematik. Tahap kedua, pengumpulan data dengan menganalisis kebutuhan bahan ajar, pengkajian materi, serta perangkat pembuatan media. Tahap ketiga, mulai membuat desain bahan ajar tematik berbasis aplikasi powtoon. Tahap keempat, validasi produk oleh beberapa ahli untuk menilai penyempurnakan produk dengan memberikan kritik dan saran. Tahap kelima, revisi desain sesuai saran dari para validator ahli. Tahap keenam, dilakukan uji coba kepada 22 siswa kelas 3 SD Negeri 2 Gadingrejo Utara. Tahap ketujuh, revisi produk akhir menghasilkan bahan ajar tematik jenis audio visual, dibuat dengan aplikasi powtoon yang terdiri dari 3 bagian yaitu pendahuluan, inti, penutup, dan dikemas dalam bentuk compact disc (cd) serta di upload youtube

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, tematik, powtoon
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:07
Last Modified: 24 Aug 2023 04:07
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item
View Item