PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGETAHUAN FAKTUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR

Sari, Aisyah Fitri Luthfia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENGETAHUAN FAKTUAL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
LAmpiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pengetahuan anak-anak tentang
bagaimana menjaga lingkungan agar tetap bersih dan bebas dari sampah serta
minimnya pemahaman tentang manfaat dan dampak sampah bagi kehidupan dan
lingkungan sekitar. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang masih
berpusat pada guru dan teori, sehingga membuat siswa menjadi pasif dan kurang
dalam menyerap pembelajaran serta mudah lupa dengan materi yang disampaikan
oleh guru. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode
eksperimen yang menggunakan pretest posttest control disign. Populasi penelitian
ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N 1 Bumiarum. Teknik pengumpulan data
yang digunakan yaitu tes berupa soal pilihan ganda. Tes tersebut diberikan secara
pretest dan posttest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil penelitian
menunjukan bahwa perhitungan dari uji Independent Sampel T-test yang
menghasilkan nilai sig (2-Tailed) .000 < 0,05 maka Ha diterima. Rata–rata
pengetahuan faktual siswa pada kelas eksperimen menjadi lebih baik dengan
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yaitu sebesar 874.676
sedangkan rata-rata pengetahuan faktual siswa pada kelas kontrol yang tidak
menggunakan model pembelajaran Discovery Learning yaitu sebesar 658.329.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan faktual siswa
yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan
pengetahuan faktual siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran
Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Pengetahuan Faktual, Tematik SD.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 22 May 2024 07:38
Last Modified: 22 May 2024 07:38
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1049

Actions (login required)

View Item
View Item