KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBANGUN NILAI KARAKTER GOTONG ROYONG, KREATIF DAN MANDIRI (Studi Kasus di SMAN 1 Talangpadang)

Zakiyah, Zakiyah (2024) KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBANGUN NILAI KARAKTER GOTONG ROYONG, KREATIF DAN MANDIRI (Studi Kasus di SMAN 1 Talangpadang). Masters thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (972kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (478kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (742kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of LAmpiran]
Preview
Text (LAmpiran)
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peneliti melakukan penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya karakter
gotong royong, kreatif dan mandiri yang ada di SMAN 1 Talangpadang terutama
pada ekstrakurikuler pramuka.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)
mendeskripsikan penyelenggaraan kegiatan ekstrakurikuler pramuka yang
dilaksanakan di SMAN 1 Talangpadang (2) mendeskripsikan nilai-nilai karakter
yang terkandung dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMAN 1
Talangpadang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, dan Pembina Pramuka.
Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan dibantu teknik
Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis model interaktif dari Miles and Huberman
yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Validasi data dilakukan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Penyelenggaraan kegiatan
ekstrakurikuler Pramuka dimulai dari tahapan Pertama, Perencanaan
Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka yang terdiri dari Manajemen
waktu, Tersedianya sarana dan prasarana, Tersedianya sumber daya manusia,
Manajemen keuangan dan Minat siswa. Tahapan Kedua, Pelaksanaan pada proses
pembelajaran yang terdiri dari Perencanaan program pembelajaran Pramuka
(kurikulum), Metode yang diterapkan, Media yang digunakan, Materi
pembelajaran Pramuka yang memuat karakter gotong royong, kreatif dan mandiri
dan Evaluasi proses pembelajaran ekstrakurikuler Pramuka. (2) Kandungan nilai
yang terdapat pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka adalah nilai gotong royong,
kreatif dan mandiri. Kegiatan yang dilakukan terdapat nilai karakter gotong
royong di sekolah, dengan adanya kegiatan jumat bersih setiap Jumat, karakter
kreatif dengan adanya latihan rutin bersama dan karakter mandiri pada saat
adanya lomba pramuka.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Pramuka, Nilai Karakter gotong royong, Mandiri, dan kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pasca Sarjana Administrasi Pendidikan
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 28 Jul 2024 06:01
Last Modified: 28 Jul 2024 06:01
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1061

Actions (login required)

View Item
View Item