Prastowo, Andreas Andi (2024) EVALUASI KINERJA SEKOLAH DENGAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (BSC). Masters thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Halaman Depan.pdf
Download (383kB) | Preview
BAB I.pdf
Download (218kB) | Preview
BAB II.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB III.pdf
Download (1MB) | Preview
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (439kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Download (6MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja SMAN. 1 Sukoharjo dengan pendekatan
BSC. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan dengan
mengukur tingkat kinerja SMAN. 1 Sukoharjo terhadap empat aspek (perspektif) kinerja
yang ada dalam BSC, yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses
bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Data primer berupa kuesioner
digunakan untuk mengukur kinerja perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan, sedangkan pengukuran terhadap kinerja perspektif keuangan dan perspektif
proses bisnis internal menggunakan data sekunder. Responden dalam penelitian ini adalah
para siswa dan Pendidik/Tenaga Kependidikan SMAN. 1 Sukoharjo.
Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa kinerja sekolah dinyatakan bahwa keseluruhan
aspek dalam BSC SMAN 1 Sukoharjo mencapai skor 87,00%, menunjukkan kinerja yang
baik. Sehingga, sekolah dapat dikategorikan memiliki tingkat kinerja yang tinggi dalam
memenuhi berbagai perspektif yang telah ditetapkan. Kinerja perspektif keuangan
memperoleh kinerja baik yaitu memenuhi syarat ekonomis, efektif, dan efisien dan syarat
prinsip keadilan, efektifitas, transparansi serta akuntabilitas pengelolaan keuangan. Kinerja
perspektif pelanggan memperoleh nilai dengan kategori baik. Kinerja perspektif proses
bisnis internal menunjukkan kinerja sangat baik. Kinerja perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan menunjukkan kinerja baik. Dari hasil penelitian ini diharapkan SMAN. 1
Sukoharjo (1) meningkatkan kinerja pada perspektif yang berada pada kategori baik menjadi
sangat baik, (2) pegawai tata usaha dan tenaga perpustakaan perlu meningkatkan kualitas
pelayanan kepada para siswa, (3) para guru lebih meningkatkan perhatian terhadap
permasalahan belajar para siswa, (4) pimpinan sekolah semakin akomodatif dan kreatif
dalam menangani setiap permasalahan sekolah, sehingga kinerja SMAN. 1 Sukoharjo
semakin lebih baik.
Kata Kunci. Pengukuran Kinerja, BSC, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan,
Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengukuran Kinerja, BSC, Perspektif Keuangan, Perspektif Pelanggan, Perspektif Proses Bisnis Internal, Perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pasca Sarjana Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 28 Jul 2024 06:01 |
Last Modified: | 28 Jul 2024 06:01 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1062 |