IMPLEMENTASI COACHING SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU Studi Kasus di UPT SMP N 2 Pringsewu

Liswantari, Liswantari (2023) IMPLEMENTASI COACHING SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU Studi Kasus di UPT SMP N 2 Pringsewu. Masters thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Cover Fiks.pdf

Download (830kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (741kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran Analisis Kuantitatif.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Melalui coaching supervisi akademik dengan
model TIRTA dapat mengakomodir permasalahan-permasalahan yang dihadapi
oleh guru dalam kegiatan supervisi akademik di UPT SMP Negeri 2 Pringsewu; (2)
Melalui coaching supervisi akademik dengan model TIRTA dapat membantu guru
menemukan formula baru terkait hasil belajar peserta didik di UPT SMP Negeri 2
Pringsewu; (3)Melalui penerapan coaching supervisi akademik dengan model
TIRTA mampu membantu meningkatkan kinerja guru di UPT SMP Negeri 2
Pringsewu; (4) Melalui coaching supervisi akademik dengan model TIRTA mampu
meningkatkan kinerja guru di UPT SMP Negeri 2 Pringsewu; (5) Melalui coaching
supervisi akademik dengan model TIRTA efektif dalam meningkatkan kinerja guru
di UPT SMP Negeri 2 Pringsewu. Jenis Penelitian menggunakan penelitian metode
campuran dengan desain penelitian studi kasus yang difokuskan pada coaching
supervisi akademik model TIRTA; dan kinerja guru. Sampel penelitian meliputi guru
kelas di UPT SMP Negeri 2 Pringsewu. Pengumpulan data utamanya dilakukan
melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Prosedur analisis data adalah
metode concurrent triangulation design. Hasil penelitian menunjukan (1) Coaching
supervisi akademik dengan model TIRTA dapat mengakomodir permasalahanpermasalahan

yang dihadapi oleh guru dalam kegiatan supervisi akademik di UPT
SMP Negeri 2 Pringsewu dimana guru mampu menemukan sendiri permasalahan
yang dihadapi saat dilakukan observasi di dalam kelas; (2) Coaching supervisi
akademik dengan model TIRTA dapat membantu guru menemukan formula baru
terkait hasil belajar siswa di UPT SMP Negeri 2 Pringsewu dengan menerapkan ide
sesuai dengan kebutuhan peserta didik; (3) Coaching supervisi akademik dengan
model TIRTA mampu meningkatkan kinerja guru di UPT SMP Negeri 2 Pringsewu
dengan ditunjukkan adanya recana aksi yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan
yang dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik yang meningkat; (4) Coaching
supervisi akademik dengan model TIRTA meningkatkan kinerja guru di UPT SMP
Negeri 2 Pringsewu dengan adanya peningkatan persentase kinerja guru dari tahun
sebelumnya; dan (5) Coaching supervisi akademik dengan model TIRTA efektif
dalam meningkatkan kinerja guru di UPT SMP Negeri 2 Pringsewu yang
ditunjukkan dengan analisis data peningkatan (indeks gain) dari individu guru
sebesar 61,62 dengan kriteria cukup efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Coaching , Supervisi akademik, Kinerja guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi Pasca Sarjana Administrasi Pendidikan
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 28 Jul 2024 13:23
Last Modified: 28 Jul 2024 13:23
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1067

Actions (login required)

View Item
View Item