HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD PRINGSEWU TAHUN 2024

Ariyanti, Ariyanti (2024) HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD PRINGSEWU TAHUN 2024. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman depan]
Preview
Text (Halaman depan)
1 halaman depan.pdf

Download (909kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB II.pdf

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB III.pdf

Download (284kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB V.pdf

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB) | Preview

Abstract

Dari perkembangan dan peningkatan tentang jasa pelayanan rumah sakit dari tahun ketahun semakin
menjadi perhatian bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan mutu pelayanan kesehatan menunjukkan
tingkat pelayanan kesehatan secara keseluruhan dalam menciptakan rasa kepuasan pada pasien
maupun keluarga pasien. Dalam kualitas pelayanan itu dapat dinilai melalui determinan pelayanan
meliputi: tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy serta dalam pelayanan
kesehatan di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD). Serta dalam pelayanan pasien gawat darurat
merupakan pelayanan yang memerlukan pelayanan segera, yaitu cepat, tepat dan cermat untuk
mencegah kematian dan kecacatan. Salah satu indikator mutu pelayanan adalah waktu tanggap
(response time) yaitu ketepatan waktu dalam melakukan pelayanan gawat darurat dalam hal
pelaksanaan tindakan atau pemeriksaan tersebut dimulai oleh dokter dan perawat dalam kurang waktu
5 menit dari pertama kali kedatangan pasien. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui Hubungan
Response Time Perawat Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Terhadap Pelayanan Di Instalasi Gawat
Darurat (IGD) RSUD Pringsewu.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan korelasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini sebanyak 96
responden dengan teknik accidental sampling. Sumber data primer. Instrumen penelitian
menggunakan lembar observasi dan kuesioner.

Hasil uji menunjukkan p value 0.001 < 0.05 sehingga dapat disimpulkan adanya hubungan yang
signifikan antara response time perawat dengan kepuasan keluarga pasien.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada Hubungan Response Time Perawat Dengan Kepuasan
Keluarga Pasien Terhadap Pelayanan Di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Pringsewu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan keluarga pasien, Response Time, Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 07 Oct 2024 03:14
Last Modified: 07 Oct 2024 03:14
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item
View Item