HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD PRINGSEWU LAMPUNG 2024

Lestari, Devy Puja (2024) HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RSUD PRINGSEWU LAMPUNG 2024. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (545kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (651kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mutu pelayanan keperawatan segala hal yang meliputi kinerja yang menujukan
tingkat kesempurnaan pelayanan keperawatn, sesuai dengan setandar dan kode
etik profesi yang telah di tetapkan. Pasien dikatakan puas jika pelayanan perawat
yang diterima oleh pasien sesuai dengan apa yang diharapkan dengan pasien
tersebut. Tujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan
dengan tingkat kepuasan pasien di RSUD pringsewu Lampung tahun 2024

Desain penelitian ini adalah analitik korelatif dengan pendekatan cross sectional.
Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inpa di RSUD Pringsewu pada
bulan januari. Sempel pada penelitian ini berjumlah 95 sempel.
Hasil analisa dari penelitian ini dapat dilihat bahwa didapatkan dari 63 pasien,
mutu pelayanan keperawatan cukup dengan tingkat kepuasan tinggi sebanyak 23
responden (23,5%). Sedangkan mutu pelayanan keperawatan cukup dengan
tingkat kepuasan sedang sebanyak 40 responden (40,8%). Dari hasil 98 responden
rata-rata pasien mengatakan mutu pelayanan keperawatan cukup dengan tingkat
kepuasan pasien sedang.
Kesimpulan penelitian sangat memungkinkan bahwa mutu pelayanan
keperawatan berpengaruh dengan tingkat kepuasan pasien. Hal ini karna
pelayanan keperawatan adalah kunci utama penilaian pasien terhadap kualitas
suatu rumah sakit. Saran dari peneliti untuk rumah sakit lebih memperhatikan
fasilitas yang berada di ruangan dan komunikasi yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mutu Pelayanan, Tingkat Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: S.I.Pust. Dani Wilian
Date Deposited: 10 Oct 2024 04:52
Last Modified: 10 Oct 2024 04:52
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1099

Actions (login required)

View Item
View Item