NALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PRINGSEWU BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESS, OBJECT, SCHEME)

Riyanto, Andi (2024) NALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PRINGSEWU BERDASARKAN TEORI APOS (ACTION, PROCESS, OBJECT, SCHEME). Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (859kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (507kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (634kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (8kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (912kB) | Preview

Abstract

Masih terdapat banyak siswa yang belum memahami dengan baik bagaimana
konsep dari materi segitiga dan segiempat. Salah satu teori yang dapat digunakan
untuk mempelajari bagaimana individu belajar lebih memahami konsep-konsep
matematika adalah menggunakan teori Aksi, Proses, Objek dan Skema (APOS).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep matematika
siswa pada materi segitiga dan segiempat kelas VIII SMP Negeri 5 Pringsewu
berdasarkan teori APOS (Action, Process, Object, Scheme).

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Pringsewu tahun ajaran 2023/2024 yang
berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara.
Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik Miles Hubberman dan Saldana,
dan keabasahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.

Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa siswa dengan kemampuan pemahaman
konsep matematika rendah yaitu subjek ATP dan EBA hanya dapat mencapai
tahap aksi dari teori APOS. Siswa dengan kemampuan pemahamanan konsep
matematika sedang yaitu subjek HA dan MS dapat mencapai tahap aksi dan
proses dari tahapan teori APOS. Siswa dengan kemampuan pemahamanan konsep
matematika tinggi yaitu subjek ABS dan DFP telah mencapai setiap tahapan teori
APOS yaitu tahap aksi, proses, objek dan skema.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Segitiga dan Segiempat, Teori APOS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.I.Pust. Dani Wilian
Date Deposited: 29 Oct 2024 03:58
Last Modified: 29 Oct 2024 03:58
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1164

Actions (login required)

View Item
View Item