HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD DEMANG SEPULAU RAYA LAMPUNG TENGAH TAHUN 2022

Boesro, Afrilinda (2023) HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RSUD DEMANG SEPULAU RAYA LAMPUNG TENGAH TAHUN 2022. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (496kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (601kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (447kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf

Download (859kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (690kB) | Preview

Abstract

Komunikasi sangat penting dan dapat mempengaruhi lama perawatan pasien dan
tingkat kesembuhan pasien, karena apabila tanpa komunikasi, suatu hubungan
terapeutik perawat dan pasien tidak mungkin tercapai, maka pasien akan merasa
tidak puas dan tidak diperhatikan. Hasil studi pendahuluan kepuasan pasien di
RSUD Demang Sepulau Raya Lampung Tengah didapatkan data pada bulan
Agustus 69% pasien dari 97 pasien rawat inap merasakan puas dengan tindakan
keperawatan dan pada bulan September mendapatkan data 63% pasien dari 72
pasien merasakan tidak puas dalam tindakan keperawatan. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan
kepuasan pasien di RSUD Demang Sepulau Raya Lampung Tengah Tahun 2022.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan pendekatan cross secrional.
Populasi dalam penelitian ini adalah populasinya adalah seluruh pasien di ruang
rawat inap kelas III RSUD Demang Sepulau Raya Lampung Tengah sejumlah 249
orang (rata-rata pasien per bulan). Sampel 72 orang. Tehnik sampling
menggunakan accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner.
Analisa data menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian menunjukkan distribusi frekuensi responden berdasarkan usia
yang paling banyak jumlahnya adalah usia >30 tahun 23 responden (31,9%).
Pendidikan menengah (SMA) 34 responden (47,2%), pekerjaan Pegawai Swasta
32 responden (44,4%), sebagian besar komunikasi yang dilakukan terapeutik 42
responden (58,3%), sebagian besar puas 37 responden (51.4%). Ada hubungan
komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di RSUD Demang
Sepulau Raya Lampung Tengah Tahun 2022 (p value 0,001). Saran kepada
manajemen atau Diklat RSUD Demang Sepulau Raya Lampung Tengah untuk
mendukung serta memfasilitasi perawat dalam meningkatkan komunikasi
terapeutiknya, dengan mengirimkan perawatnya dalam pelatihan, workshop,
bimbingan teknis khusus maupun seminar atau mengadakan pelatihan secara
internal mengenai komunikasi terapeutik yang baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Terapeutik, Perawat, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Kesehatan > Prodi S1 Keperawatan
Depositing User: S.I.Pust. Dani Wilian
Date Deposited: 06 Nov 2024 04:25
Last Modified: 06 Nov 2024 06:22
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1183

Actions (login required)

View Item
View Item