PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMMIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DI UPT SMP NEGERI 3 PRINGSEWU

Nahdhiyyah, Kholilatun (2024) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMMIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI ALJABAR DI UPT SMP NEGERI 3 PRINGSEWU. Masters thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

[thumbnail of Halaman Depan]
Preview
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab 1.pdf

Download (30kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2]
Preview
Text (BAB 2)
Bab 2.pdf

Download (548kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3]
Preview
Text (BAB 3)
Bab 3.pdf

Download (296kB) | Preview
[thumbnail of BAB 4]
Preview
Text (BAB 4)
bab 4 (1).pdf

Download (415kB) | Preview
[thumbnail of BAB 5]
Preview
Text (BAB 5)
bab 5.pdf

Download (9kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran]
Preview
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar matematika aljabar siswa sebab banyaknya waktu jam
belajar yang digunakan untuk mencatat sehingga materi tidak tuntas disampaikan
serta rendahnya motivasi belajar siswa karena kurang variatifnya media
pembelajaran yang digunakan. Penggunaan media pembelajaran kommika
diharapkan siswa memahami materi lebih cepat, membangkitkan motivasi belajar
dan menjadi informasi/materi pra belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
perbedaan rata-rata hasil belajar dan mengetahui manakah yang lebih tinggi ratarata
hasil
belajar
dikenai
media
pembelajaran
kommika
lebih
tinggi
daripada
yang

dikenai
media
pembelajaran
konvensional.

Penelitian

ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif komparatif. Populasi
pada penelitian ini adalah siswa UPT SMP Negeri 3 Pringsewu kelas VII tahun
pelajaran 2022/2023. Dengan sempel penelitian kelas VII yang dikenai media
pembelajaran kommika sebagai kelas eksperimen dan siswa yang yang tidak
dikenai media pembelajaran kommika sebagai kelas kontrol. Peneliti
menggunakan teknik pengumpulan data tes dengan analisis tes hasil belajar uji-t
dua pihak dan uji-t satu pihak melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas.

Diperoleh nilai hasil belajar matematika aljabar siswa pada kelas eksperimen dari
31 siswa didapat rata-rata 82,69 dan pada kelas kontrol dari 32 siswa didapat ratarata

59,25. Berdasarkan analisis hasil perhitungan Uji-t dua pihak didapat
( ) sehingga diterima. Sedang analisis hasil
perhitungan Uji-t satu pihak didapat ( ) sehingga
diterima. Dapat disimpulkan terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar
matematika siswa antara yang dikenai media pembelajaran kommika dan tidak,
serta rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas VII UPT SMP Negeri 3
Pringsewu yang dikenai media pembelajaran kommika lebih tinggi pada materi
aljabar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kommika, Aljabar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: S.I.Pust. Dani Wilian
Date Deposited: 20 Feb 2025 22:51
Last Modified: 20 Feb 2025 22:51
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1285

Actions (login required)

View Item
View Item