Sakti, Aulia Etika (2023) HUBUNGAN KEPUASAN ATAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KUNJUNGAN ULANG KE PUSKESMAS NON RAWAT INAP TOTOKATON KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT TAHUN 2022. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
COVER.pdf
Download (471kB) | Preview
BAB 1.pdf
Download (313kB) | Preview
BAB 2.pdf
Download (368kB) | Preview
BAB 3.pdf
Download (467kB) | Preview
BAB 4.pdf
Download (267kB) | Preview
BAB 5.pdf
Download (172kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (390kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pemanfaatan fasilitas kesehatan yang digunakan oleh masyarakat menunjukan bahwa
puskesmas berada di urutan paling bawah. Kunjungan ke puskesmas mengalami
penurunan. Rendahnya kunjungan ke puskesmas di pengaruhi oleh kualitas atau mutu
pelayanan yang di berikan oleh pihak puskesmas itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini
yaitu untuk mengetahui hubungan kepuasan atas pelayanan kesehatan dengan tingkat
kunjungan ulang ke Puskesmas Non Rawat Inap Totokaton Kabupaten Tulang Bawang
Barat Tahun 2022.
Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross
sectional dan analisa univariat dan bivariat dengan menggunakan rumus distribusi
frekuensi dan uji chi square. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang
berkunjung ke puskesmas Non Rawat Inap Totokaton Kabupaten Tulang Barat dan
mengacu pada kriteria inklusi dan eksklusi, dengan jumlah sampel 70 orang yang
diambil menggunakan tehnik accidental sampling. Instumen yang digunakan kuisioner.
Hasil penelitian karakteristik responden sebagian besar berusia 46-59 tahun (52,9%),
dengan pendidikan SLTA sederajat (68,6%), dan pekerjaan sebagai buruh dan petani
(61,4%). Ketidakpuasan atas pelayanan kesehatan di Puskesmas sebesar35,7%.
Responden yang tidak berniat untuk melakukan kunjungan ulang sebesar 21,4%.
Terdapat hubungan yang bermakna hubungan kepuasan atas pelayanan kesehatan dengan
tingkat kunjungan ulang ke Puskesmas Non Rawat Inap Totokaton Kabupaten Tulang
Bawang Barat dengan nilai p value: 0,002 dengan nilai OR: 8,054. Sehingga Ha di
terima. Hasil penelitian ini di jadikan Pihak puskesmas untuk melakukan evaluasi atas
kinerjanya dalam meberikan pelayanan dengan cara berkoordinasi dengan pihak yang
terkain dalam hal ini dinas kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan atas pelayanan, kunjungan ulang |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Divisions: | Fakultas Kesehatan > Prodi S1 Keperawatan |
Depositing User: | S.I.Pust. Dani Wilian |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 03:01 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 06:11 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/1314 |