Nuryamin, Dodi Mohamad (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI PAGELARAN UTARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
1. Artikel.pdf
Download (837kB)
2. Halaman Judul.pdf
Download (817kB)
3. BAB 1 Pendahuluan.pdf
Download (721kB)
4. BAB 2 Tinjauan Pustaka.pdf
Download (743kB)
5. BAB 3 Metode Penelitian.pdf
Download (840kB)
6. BAB 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (747kB)
7. BAB 5 Kesimpulan dan saran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (500kB)
8. Daftar Pustaka.pdf
Download (567kB)
9. Lampiran.pdf
Download (657kB)
Abstract
ABSTRAK
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI RENDAHNYA
KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI
DI SMK NEGERI PAGELARAN UTARA
TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Oleh
Dodi Mohamad Nuryamin
Kemandirian belajar merupakan salah satu hal yang penting dalam suatu proses
pembelajaran. Seorang siswa dikatakan memiliki nilai kemandirian apabila ia telah
mampu melakukan semua tugas-tugasnya secara mandiri tanpa tergantung pada orang
lain, percaya kepada diri sendiri, mampu mengambil keputusan, menguasai
keterampilan sesuai dengan kemampuannya, bertanggung jawab atas apa yang
dilakukannya, dan menghargai waktu. Berdasarkan hasil pra-penelitian di SMK
Negeri Pagelaran Utara, didapatkan beberapa peserta didik memiliki kemadirian
belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa sajakah
yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar siswa di SMK Negeri Pagelaran
Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 60 orang siswa kelas X1 di SMK Negeri Pagelaran Utara tahun pelajaran
2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang memiliki kemandirian
belajar rendah pada kelas XI berjumlah 15 siswa. Dalam penelitian ini teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara (interview) dan
dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan tabulasi yaitu
mengelompokkan data ke dalam tabel frekuensi. Berdasarkan hasil analisis data
diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar
siswa adalah Faktor internal yaitu fisik meliputi karena pernah sakit 9,09%, karena
kurang sehat 11,69%, karena cacat tubuh 5,19%, rohani meliputi bakat 15,58%,
motivasi 12,99%, dan mental 7,79%. Faktor eksternal meliputi kebudayaan 2,99%,
keluarga 15,58%, sistem pendidikan 2,60%, dan sistem kehidupan masyarakat 6,49%.
Faktor yang dominan yang mempengaruhi rendahnya kemandirian belajar siswa
adalah bakat (internal) dan keluarga (eksternal).
Kata Kunci: Faktor-Faktor Kemandirian Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Faktor-Faktor Kemandirian Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Bimbingan Dan Konseling |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 02:39 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 02:39 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/43 |