Afrizal, Anton (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTATIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA PIKIRAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
1. Halaman Depan.pdf
Download (781kB)
2. BAB 1 Pendahuluan.pdf
Download (687kB)
3. BAB 2 Tinjauan Pustaka.pdf
Download (790kB)
4. BAB 3 Metode Penelitian.pdf
Download (761kB)
5. BAB 4 Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
6. BAB 5 Kesimpulan dan saran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB)
7. Daftar Pustaka.pdf
Download (316kB)
8. Lampiran.pdf
Download (527kB)
Artikel.pdf
Download (810kB)
Abstract
ABSTRAK
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF
ARGUMENTATIF DENGAN MENGGUNAKAN
METODE PETA PIKIRAN
ii
Oleh
Anton Afrizal
Pembelajaran menulis sangat penting diajarkan pada kurikulum SMA/SMK agar
siswa dapat terlibat kegiatan baca tulis. Pembelajaran tersebut dapat memudahkan
siswa dalam menulis lanjut pada kelas berikutnya. Tanpa memiliki kemampuan
menulis yang memadai, siswa akan mengalami kesulitan belajar pada masa
selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis
paragraf argumentatif dengan menggunakan metode Peta Pikiran (Mind Mapping)
pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah Ambarawa. Subjek penelitian merupakan
sesuatu yang memuat keterangan mengenai objek yang diteliti. Subjek penelitian
adalah siswa kelas X yang berjumlah 37 siswa. Pemilihan subjek penelitian
berdasarkan pertimbangan siswa kelas X dalam kemampuan menulis paragraf
argumentasi rata-rata masih rendah. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam dua siklus, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran
dengan menggunakan metode peta pikiran (mind mapping) dapat meningkatkan
Kualitas proses pembelajaran menulis paragraf argumentatif pada siswa kelas X
Akutansi SMK Muhammadiyah Ambarawa. Peningkatan kualitas proses
pembelajaran menulis paragraf argumentatif tersebut dibuktikan dengan
meningkatnya nilai rata-rata kegiatan siswa dalam proses pembelajaran menulis
paragraf argumentatif dengan menggunakan metode peta pikiran (mind mapping),
yaitu : nilai rata-rata Kriteria Ketuntasan Minimal pada siklus I 73.29 atau meningkat
sebesar 11,88% dengan kriteria baik dan meningkat di siklus II nilainya menjadi
79,69 atau meningkat sebesar 24,32% dengan kriteria sangat baik. Dengan demikian
penggunaan metode peta pikiran (mind mapping) dalam pembelajaran menulis
paragraf argumentatif dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis
paragraf argumentatif pada siswa kelas X Akutansi SMK Muhammadiyah
Ambarawa.
Kata kunci : Menulis, Paragraf argumentatif, Mind mapping
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Menulis, Paragraf argumentatif, Mind mapping |
Subjects: | P Language and Literature > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 06 May 2021 02:42 |
Last Modified: | 06 May 2021 02:42 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/48 |