Beni, Aji Handar (2021) PENERAPAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA INDUSTRI GENTENG BAPAK SUDIMAN DI KECAMATAN AMBARAWA TAHUN 2021. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
FILE 1.pdf
Download (284kB)
FILE 2.pdf
Download (163kB)
FILE 3.pdf
Download (183kB)
FILE 4.pdf
Download (167kB)
FILE 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
FILE 6.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
FILE 7.pdf
Download (204kB)
FILE 8.pdf
Download (89kB)
Abstract
ABSTRAK
AJI HANDAR BENI, Penerapan Blue Ocean Strategy Pada Industri Genteng
Bapak Sudiman Di Kecamatan Ambarawa Tahun 2021 (Di bawah bimbingan
Bapak Drs. M. Ali Khan, M.M. Sebagai pembimbing 1 dan Bapak Dhel Juni
Pasya S.E., M.M. Sebagai pembimbing ll). xiii + 36 halaman + 4 tabel + 1
Gambar dan lampiran.
Blue Ocean Strategy (BOS) adalah strategi bisnis yang menerapkan penguasaan
ruang pasar yang tidak diperebutkan tersebut dianalogikan sebagai Blue Ocean
(Samudra Biru) dimana suatu organisasi bermain sendirian tanpa ada pesaing.
Masalah dalam penelitian ini adalah ketertarikan peneliti terhadap inovasi-inovasi
yang dibuat dan diciptakan oleh Industri Genteng Bapak Sudiman. Rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan Blue Ocean Strategy
Pada Industri Genteng Bapak Sudiman Di Kecamatan Ambarawa Tahun 2021.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Blue Ocean
Strategy pada Industry Genteng Bapak Sudiman di Kecamatan Ambarawa Tahun
2021.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sampel
yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendiri industri Genteng dan
sekaligus sebagai pemimpin industri. Analisis yang digunakan adalah deskriptif
kualitatif dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Industri genteng Bapak Sudiman masih
memiliki batasan pasar yaitu wilayah yang penjualan genteng yang belum luas,
sehingga diperlukan rekontruksi batasan-batasan pasar, agar peluang penjualan
semakin luas, industri genteng Bapak Sudiman masih berfokus pada angka, belum
terfokus pada gambaran yang besar mengenai pemasaran yang lebih luas,
produksi genteng Bapak Sudiman masih belum mampu melampaui permintaan
pasar, industri genteng Bapak Sudiman masih belum melakukan langkah yang
strategis dengan tepat, perusahaan masih pasif di pasar dalam merebut konsumen,
industri genteng Bapak Sudiman sudah melakukan langkah dalam penjualan,
meskipun masih menggunakan media sosial pribadi, dan industri genteng Bapak
Sudiman mengintegrasikan eksekusi ke dalam strategi, hal tersebut dibutuhkan
agar pangsa pasar konsumen semakin luas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1 Manajemen |
Depositing User: | S.I.Pust. Riska Dwi Soffa |
Date Deposited: | 22 Mar 2022 02:36 |
Last Modified: | 23 May 2022 02:47 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/541 |