ANALISIS PERAN MARKETPLACE DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BUAH NAGA PADA KELOMPOK TANI DI DESA WARINGINSARI BARAT TAHUN 2020

Suteja, Alex (2021) ANALISIS PERAN MARKETPLACE DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN BUAH NAGA PADA KELOMPOK TANI DI DESA WARINGINSARI BARAT TAHUN 2020. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
alex s_1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
alex s_2.pdf

Download (744kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
alex s_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
alex s_4.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
alex s_5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
alex s_6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
alex s_7.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
alex s_8.pdf

Download (562kB)

Abstract

ABSTRAK

ALEX SUTEJA, Analisis Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Volume
Penjualan Buah Naga Pada Kelompok Tani Di Desa Waringinsari Barat Tahun
2020 (Di Bawah Bimbingan Bapak Drs. Suminto Affandi, M.M., Sebagai
Pembimbing I dan Bapak Haryono, M.Pd.I., Sebagai Pembimbing II). xvi + 45
Halaman + 12 Tabel + 2 Gambar dan Lampiran.

Penjualan menjadi salah satu sumber pendapatan yang didapat oleh seseorang
atau suatu perusahaan yang melakukan transaksi jual beli.Penjualan merupakan
syarat mutlak keberlangsungan suatu usaha, karena dengan penjualan maka akan
didapatkan laba atau keuntungan. Semakin tinggi volume penjualan maka
keuntungan yang didapatakan akan semakin maksimal. Dengan pengelolaan yang
baik, perusahaan akan mendapatkan laba yang besar dan mendapatkan pelanggan
tetap (loyal customers).

Masalah dalam penelitian ini adalah kegiatan penjualan yang dilakukan oleh para
petani dalam menjual buah naga yang mereka hasilkan hanya kepada pengepul,
dengan jangkauan pasar yang masih lokal dan belum adanya kerjasama dengan
perusahaan besar, yang menyebabkan penjualan buah naga pada kelompok tani di
Desa Waringinsari Barat belum maksimal. Rumusan masalah dalam penelitian ini
adalah, Apakah ada pengaruh marketplace dalam meningkatkan volume
penjualan buah naga pada kelompok tani di Desa Waringinsari Barat. Tujuan
dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui pengaruh marketplace dalam
meningkatkan volume penjualan buah naga pada kelompok tani di Desa
Waringinsari Barat.

Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode pengumpulan data
yang digunakan oleh peneliti adalah kuisioner, dokumentasi dan observasi.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota kelompok tani desa
Waringinsari Barat yang menjual buah naga melalui situs marketplace yang
berjumlah 15 orang dan seluruhnya dijadikan sampel. Analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis regresi linear sederhana, dengan
pengujian hipotesis menggunakan uji-t.
Berdasarkan analisis data didapat hasil bahwa ada pengaruh marketplace terhadap
peningkatan volume penjualan. Variabel marketplace memberikan kontribusi
sebesar 97,3% terhadap volume penjualan dan sisanya sebesar 2,7% dipengaruhi
oleh faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Nilai koefisien berada
pada tingkat yang sangat kuat, karena berada pada interval 0.80 – 1.000.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1 Manajemen
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:36
Last Modified: 24 May 2022 01:58
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item
View Item