SIKAP BERBAHASA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 GANJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Saqdiah, Amalia (2021) SIKAP BERBAHASA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 GANJARAN PADA MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE 1 COVER DLL AMALIA SAQDIAH 17060071.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
FILE 2 BAB I AMALIA SAQDIAH 17060071.pdf

Download (230kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
FILE 3 BAB II AMALIA SAQDIAH 17060071.pdf

Download (132kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
FILE 4 BAB III AMALIA SAQDIAH 17060071.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
FILE 5 BAB IV AMALIA SAQDIAH 17060071.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
FILE 6 BAB V AMALIA SAQDIAH 17060071.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7 DAFTAR PUSTAKA AMALIA SAQDIAH 17060071.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8 LAMPIRAN AMALIA SAQDIAH 17060071.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran agama islam di masa pandemi Covid-19 membuat anak
berkebutuhan khusus acuh tak acuh sehingga memerlukan pelayanan khusus
ketika berkomunikasi dengan lawan bicaranya. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis sikap berbahasa anak berkebutuhan khusus menggunakan lima
hukum komunikasi yaitu sikap menghargai (respect), kemampuan menempatkan
diri dengan situasi dan kondisi orang lain (empathy), dapat didengar dan
dimengerti (audible),kemampuan menggunakan giliran berbicara (clarity) dan
rendah hati (humble). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif yang bersifat analisis deskriptif, yaitu penelitian
memahami kondisi suatu konteks dengan mengarahkan secara rinci dan
mendalam yang dialami tentang apa yang sebenarnya terjadi di lapangan. Data
diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data yang
diperoleh kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis dinyatakan bahwa, anak
berkebutuhan khusus memiliki sikap memuliakan orang lain ketika berpendapat,
anak berkebutuhan khusus sudah menggunakan kualitas suara dan bahasa tubuh,
anak berkebutuhan khusus mampu menggunakan giliran bicaranya dan anak
berkebutuhan khusus sudah menggunakan tutur bahasa yang sopan dan santun
ketika berkomunikasi dengan lawan bicarany

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Anak Berkebutuhan Khusus, Sikap Berbahasa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eka Noviana
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:40
Last Modified: 05 Apr 2022 05:40
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item
View Item