KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN GEOMETRI DATAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK

Kurniasari, Indah (2021) KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN GEOMETRI DATAR MELALUI METODE DEMONSTRASI PERMAINAN TRADISIONAL ENGKLEK. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
1. COVER-pdf.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
2. BAB I-pdf.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
3. BAB II-pdf.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
4. BAB III-pdf.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
5. BAB IV-pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
6. BAB V-pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA-pdf.pdf

Download (74kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN-pdf.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN GEOMETRI DATAR
MELALUI METODE DEMONSTRASI PERMAINAN
TRADISIONAL ENGKLEK

Oleh:
Indah Kurniasari
17060032

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang
belum maksimal dalam kemampuan mengenal bangun geometri datar pada
pembelajaran matematika kelas II SD Negeri 1 Mataram Kec. Gadingrejo
Kab. Pringsewu yang masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini yaitu
untuk mengetahui apakah terdapat kemampuan mengenal bangun geometri
datar melalui metode demonstrasi permainan tradisional engklek pada
pembelajaran matematika.
Desain penelitian ini menggunakan True Experimental Design dengan
bentuk Posttest Only Control Design. Populasi pada penelitian ini yaitu
seluruh peserta didik kelas II SD Negeri 1 Mataram dengan jumlah 43 peserta
didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan menggunakan Simple
Random Sampling, sampel sebanyak 2 kelas dengan jumlah 43 peserta didik.
Instrumen penelitian ini menggunakan tes uraian. Analisis data menggunakan
teknik komparatif.
Mengacu pada dasar pengambilan keputusan uji hipotesis hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa nilai t
hitung
4,435 ˃ t
tabel
2,074, berarti H
ditolak
dan H
diterima. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan dapat
disimpulkan: Terbukti bahwa “Terdapat kemampuan mengenal bangun
geometri datar melalui metode demonstrasi permainan tradisional engklek.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Geometri, Metode Demonstrasi, Permainan Tradisional Engklek
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/626

Actions (login required)

View Item
View Item