PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK SEKOLAH DASAR

Prameswari, Indah (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS VIDEO ANIMASI POWTOON UNTUK SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
File 1. Indah Pramewari (17060125).pdf

Download (719kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
File 2. Indah Prameswari (17060125).pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
File 3. Indah Prameswari (17060125).pdf

Download (418kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
File 4. Indah Prameswari (17060125).pdf

Download (494kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
File 5. Indah Prameswari (17060125).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
File 6. Indah Prameswari (17060125).pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
File 7. Indah Prameswari (17060125).pdf

Download (401kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
File 8. Indah Prameswari (17060125).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS BERBASIS VIDEO
ANIMASI POWTOON UNTUK SEKOLAH DASAR
Oleh
INDAH PRAMESWARI

Pembelajaran IPS sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan
semua aspek kehidupan manusia, dalam pembelajaran IPS masih ditekankan pada
penguasaan bahan/materi dengan metode konvensional dan penugasan.
Pengembangan media pembelajaran dalam pembelajaran IPS sangat diperlukan
guna mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
produk yang menarik yaitu video animasi powtoon dalam pembelajaran IPS
untuk sekolah dasar.
Jenis penelitian ini Research and Development dengan menerapkan langkahlangkah

yang berpedoman pada ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation, dan Evaluation). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu
validasi ahli media, materi, respon pendidik dan peserta didik. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu mengubah kategori menjadi nilai, menganalisis skor,
dan analisis data respon peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media pembelajaran IPS berbasis
video animasi powtoon dinyatakan “sangat layak” berdasarkan penilaian para ahli
dan pendidik, 90% “sangat layak” untuk ahli materi, ahli media menunjukan skore
94% “sangat layak”, pendidik menunjukan skore 94% “sangat layak”, dan uji
coba skala kecil dengan memperoleh rata-rata 3,75 dengan kriteria “sangat
menarik”. Media pembelajaran IPS berbasis video animasi powtoon dikatakan
“sangat menarik”. Simpulan penelitian ini media pembelajaran IPS berbasis video
animasi powtoon layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi Powtoon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

View Item
View Item