PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING PADA MATERI TEKS PERMINTAAN MAAF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI SD N 2 BLITAREJO

Yumaisa, Intan (2021) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING PADA MATERI TEKS PERMINTAAN MAAF DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II DI SD N 2 BLITAREJO. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
cover.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
FILE 2 BAB 1.pdf

Download (218kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
FILE 3 BAB II.pdf

Download (284kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
FILE 4 BAB III.pdf

Download (224kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
FILE 5 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
FILE 6 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
FILE 7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
FILE 8 LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
PENERAPAN METODE ROLE PLAYING
PADA MATERI TEKS PERMINTAAN MAAF
DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK
KELAS II DI SD N 2 BLITAREJO

ii

Oleh :

Intan Yumaisa
17060095

Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas II SD N 2 Blitarejo
hampir seluruhnya menggunakan metode ceramah. Kegiatan belajar mengajar
tersebut berdampak terhadap pemahaman siswa. Solusinya yaitu dengan
menerapkan metode pembelajaran yang melibatkan langsung siswa dan
mendorong siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran untuk mengembangkan
kemampuan berfikir, dan keterampilan intelektual, melalui pengalaman belajar
dalam kehidupan nyata. Salah satunya dengan penerapan metode role playing.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendreskripsikan metode role playing
pada materi teks permintaan maaf dalam pembelajaran tematik.
Penelitian ini dilaksanakan pada kelas II SD Negeri 2 Blitarejo Kecamatan
Gading Rejo Kabupaten Pringsewu. Waktu penelitian adalah semester genap
tahun ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
menggunakan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh melalui wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Semua data yang diperoleh kemudian dianalisis
dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan.
Hasil penelitian ini dapat dideskripsikan metode Role Playing pada materi teks
permintaan maaf dalam pembelajaran tematik dapat diketahui bahwa metode
tersebut dapat menimbulkan ketertarikan siswa saat belajar dalam pembelajaran
tematik dan meningkatkan pemahaman materi, serta membuat siswa semangat
dalam belajar. Penerapan metode Role Playing pada materi teks permintaan maaf
dalam pembelajaran tematik di SD N 2 Blitarejo sudah dijalankan guru dengan
maksimal, karena guru sudah melaksanakannya sesuai dengan langkah-langkah
Role Playing.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Metode, Role Playing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/629

Actions (login required)

View Item
View Item