Meirina, Jihan (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI WHATSAPP GROUP PADA KELAS IV SDIT CAHAYA MADANI PRINGSEWU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
jihan cover.pdf
Download (264kB)
jihan 1.pdf
Download (94kB)
jihan 2.pdf
Download (291kB)
jihan 3.pdf
Download (184kB)
jihan 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
jihan 5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
jihan dapus.pdf
Download (217kB)
jihan lampiran.pdf
Download (251kB)
jihan lampiran.pdf
Download (251kB)
Abstract
ABSTRAK
ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI WHATSAPP
GROUP PADA KELAS IV SDIT CAHAYA MADANI PRINGSEWU
Oleh:
Jihan Meirina
17060169
Salahsatu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring adalah
pemanfaatan media sosial whatsapp grup. Penggunaan whatsapp grup dalam
pembelajaran tematik juga diterapkan di SDIT Cahaya Madani Pringsewu.
Penggunaan whatsaap dalam pembelajaran tematik tentunya mendapat beberapa
kendala, karena hal ini baru pertama kali dilakukan. Berdasarkan prapenelitian
diperoleh hasil bahwa dalam pembelajaran dengan menggunakan whatsapp
menjadikan siswa lebih sulit memahami apa yang telah disampaikan oleh guru.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pembelajaran Tematik
Melalui Whatsapp Pada Kelas IV SDIT Cahaya Madani Pringsewu Selama
Pandemi Covid-19 dan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam melaksanakan
pembelajaran tematik.
Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan
observasi dan test. Informan dalam penelitian adalah yang memahami informasi
tentang objek penelitian. Informan penelitian adalah siswa dan guru kelas IV
SDIT Cahaya Madani Pringsewu. Teknik pengumulan data mengunakan
dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini
dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Tematik Melalui
Whatsapp dilakukan dengan tahap perencanaan, proses pembelajaran dan
evaluasi. Pada tahap perencanaan penentuan tema diputuskan secara bersama
antara guru dan siswa, dan guru melakukan pengamatan, dengan perangkat
pendukungnya seperti daftar cek, dan tes dalam merencanakan evaluasi. Pada
tahap pelaksanaan diketahui guru menyampaikan tema yang akan dipelajari dan
kemudian diberikan kepada siswa untuk mendalami beberapa aspek dari tema
tersebut, siswa aktif menyampaikan tentang hal-hal yang ingin mereka pelajari
pada saat curah pendapat, antara guru dan siswa membuat kontrak belajar sesuai
dengan sub tema yang mereka pelajari, siswa mengumpulkan tugas atau
menghasilkan suatu karya sesuai dengan kontrak belajar yang telah disepakati,
dan menyajikan hasil-hasil belajarnya berupa presentasi. Pada tahap evaluasi guru
sesekali bertanya ke siswa secara acak, dan melakukan tanya jawab ke siswa
mengenai materi yang telah dipelajari bersama. Upaya yang dilakukan oleh guru
untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada pembelajaran tematik dengan
menggunakan media whatsapps adalah dengan lebih memperbanyak media
pembelajaran agar lebih menarik pada proses pembelajaran dan siswa tidak
merasa jenuh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik, Media WhatsApps, Covid-19 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | S.I.Pust. Riska Dwi Soffa |
Date Deposited: | 05 Apr 2022 05:41 |
Last Modified: | 05 Apr 2022 05:41 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/632 |