ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI WHATSAPP GROUP PADA KELAS IV SDIT CAHAYA MADANI PRINGSEWU

Meirina, Jihan (2021) ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI WHATSAPP GROUP PADA KELAS IV SDIT CAHAYA MADANI PRINGSEWU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
jihan cover.pdf

Download (264kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
jihan 1.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
jihan 2.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
jihan 3.pdf

Download (184kB)
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
jihan 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
jihan 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
jihan dapus.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of jihan lampiran.pdf] Text
jihan lampiran.pdf

Download (251kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
jihan lampiran.pdf

Download (251kB)

Abstract

ABSTRAK

ANALISIS PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI WHATSAPP
GROUP PADA KELAS IV SDIT CAHAYA MADANI PRINGSEWU

Oleh:
Jihan Meirina
17060169

Salahsatu media yang dapat digunakan dalam pembelajaran daring adalah
pemanfaatan media sosial whatsapp grup. Penggunaan whatsapp grup dalam
pembelajaran tematik juga diterapkan di SDIT Cahaya Madani Pringsewu.
Penggunaan whatsaap dalam pembelajaran tematik tentunya mendapat beberapa
kendala, karena hal ini baru pertama kali dilakukan. Berdasarkan prapenelitian
diperoleh hasil bahwa dalam pembelajaran dengan menggunakan whatsapp
menjadikan siswa lebih sulit memahami apa yang telah disampaikan oleh guru.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pembelajaran Tematik
Melalui Whatsapp Pada Kelas IV SDIT Cahaya Madani Pringsewu Selama
Pandemi Covid-19 dan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam melaksanakan
pembelajaran tematik.
Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan
observasi dan test. Informan dalam penelitian adalah yang memahami informasi
tentang objek penelitian. Informan penelitian adalah siswa dan guru kelas IV
SDIT Cahaya Madani Pringsewu. Teknik pengumulan data mengunakan
dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini
dilakukan secara deskriptif dengan menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Tematik Melalui
Whatsapp dilakukan dengan tahap perencanaan, proses pembelajaran dan
evaluasi. Pada tahap perencanaan penentuan tema diputuskan secara bersama
antara guru dan siswa, dan guru melakukan pengamatan, dengan perangkat
pendukungnya seperti daftar cek, dan tes dalam merencanakan evaluasi. Pada
tahap pelaksanaan diketahui guru menyampaikan tema yang akan dipelajari dan
kemudian diberikan kepada siswa untuk mendalami beberapa aspek dari tema
tersebut, siswa aktif menyampaikan tentang hal-hal yang ingin mereka pelajari
pada saat curah pendapat, antara guru dan siswa membuat kontrak belajar sesuai
dengan sub tema yang mereka pelajari, siswa mengumpulkan tugas atau
menghasilkan suatu karya sesuai dengan kontrak belajar yang telah disepakati,
dan menyajikan hasil-hasil belajarnya berupa presentasi. Pada tahap evaluasi guru
sesekali bertanya ke siswa secara acak, dan melakukan tanya jawab ke siswa
mengenai materi yang telah dipelajari bersama. Upaya yang dilakukan oleh guru
untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada pembelajaran tematik dengan
menggunakan media whatsapps adalah dengan lebih memperbanyak media
pembelajaran agar lebih menarik pada proses pembelajaran dan siswa tidak
merasa jenuh.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tematik, Media WhatsApps, Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: S.I.Pust. Riska Dwi Soffa
Date Deposited: 05 Apr 2022 05:41
Last Modified: 05 Apr 2022 05:41
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/632

Actions (login required)

View Item
View Item