PERAN GURU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA TERHADAP PERILAKU PELANGGARAN DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR GUGUS MAWAR IV KECAMATAN ULU BELU

Prasetiawati, Reni Tantri (2021) PERAN GURU DALAM MENGATASI KENAKALAN SISWA TERHADAP PERILAKU PELANGGARAN DISIPLIN DI SEKOLAH DASAR GUGUS MAWAR IV KECAMATAN ULU BELU. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
File 1.pdf

Download (572kB)
[thumbnail of Bab 1] Text (Bab 1)
File 2 (bab 1).pdf

Download (383kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
File 3 (bab II).pdf

Download (362kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
File 4 (bab III).pdf

Download (439kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
File 5 (bab IV).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
File 6 (bab V).pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
File 7 (daftar pustaka).pdf

Download (370kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
File 8 (lampiran).pdf

Download (3MB)

Abstract

Kenakalan siswa merupakan suatu bentuk perilaku yang tidak sesuai dengan
norma yang berlaku di tengah masyarakat. Kenakalan yang terjadi di Gugus
Mawar IV Kecamatan Ulu Belu antara lain; merokok, trek motor, bulliying dan
pacaran sehingga berdampak pada kedisiplinan siswa. Alasan siswa melakukan
kenakalan adalah alasan geografis sehingga peran guru sangat dibutuhkan dalam
mengatasi kenakalan siswa guna meningkatkan perilaku disiplin. Peran yang
dapat dilakukan guru adalah upaya preventif, kuratif dan pembinaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran guru dalam mengatasi
kenakalan siswa terhadap perilaku pelanggaran disiplin. Jenis penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif deskriptif, metode survei. Sampel pada penelitian ini
berjumlah 62 siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu proportionate
stratified random sampling.

Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan antara peran guru dalam mengatasi kenakalan siswa terhadap perilaku
pelanggaran disiplin. Hal ini dibuktikan dengan peran guru dalam mengatasi
kenakalan siswa berkontribusi sebesar 81,4% terhadap perilaku pelanggaran
disiplin dan sisanya sebesar 18,6% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti faktor
internal (motivasi rendah dan manajemen waktu yang kurang bagus) atau faktor
ekternal lainnya (kebiasaan keluarga dan keadaan masyarakat).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Kenakalan, Pelanggaran Disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:28
Last Modified: 05 Apr 2022 07:28
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/652

Actions (login required)

View Item
View Item