ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PGSD DALAM MENGERJAKAN SOAL HIMPUNAN PADA MATA KULIAH KONSEP MATEMATIKA

Salendra, Rifki Ari (2021) ANALISIS KESULITAN MAHASISWA PGSD DALAM MENGERJAKAN SOAL HIMPUNAN PADA MATA KULIAH KONSEP MATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
1. Cover.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
2. BAB 1.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
3. BAB II.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4. BAB III.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
8. LAMPIRAN_compressed.pdf

Download (837kB)

Abstract

Pembelajaran matematika tersusun secara sistematis dan logis dari yang paling
sederhana ke yang kompleks. Tapi pada kenyataannya masih banyak mahasiswa yang
beranggapan bahwa matematika itu sulit, terutama pada materi himpunan. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan mahasiswa dalam mengerjakan soal
himpunan dalam mata kuliah konsep matematika. Indikator kesulitan dalam
penelitian ini adalah kesulitan dalam pemahaman konsep, kesulitan dalam
menerapkan prinsip, kesulitan dalam menyelesaikan masalah verbal.
Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif dengan
mahasiswa PGSD Angkatan 2019 FKIP - UMPRI sebagai subject penelitian. Peneliti
menggunakan teknik analisis yang yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa masih mendapati
kesulitan dalam menyelesaikan masalah terkait pola hubungan dalam himpunan.
Mahasiswa masih mendapati kesulitan pemahaman konsep yaitu kurang dapat
memahami makna soal dan tidak dapat mengunakan langkah-langkah yang runtun
dalam menjawab soal dan tidak menjawab sampai tuntas hingga hasil akhir soal.
penerapan prinsip, mahasiswa belum mampu mengaitkan konsep dengan pemahaman
soal. Sedangkan masalah verbal, mahasiswa tidak mampu memahami soal cerita yang
terlalu panjang dan tidak mampu memecahkan permasalahan yang ada di soal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: himpunan, pemahaman konsep, pembelajaran matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 05 Apr 2022 07:27
Last Modified: 05 Apr 2022 07:27
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item
View Item