KENDALA PENDIDIK DALAM IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT PADA GUGUS SEKOLAH JENDRAL SUDIRMAN DI KECAMATAN PARDASUKA

Hidayati, Riska Nur (2021) KENDALA PENDIDIK DALAM IMPLEMENTASI AUTHENTIC ASSESSMENT PADA GUGUS SEKOLAH JENDRAL SUDIRMAN DI KECAMATAN PARDASUKA. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.

[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
FILE COVER.pdf

Download (608kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf

Download (639kB)
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf

Download (331kB)
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Authentic assessment merupakan suatu proses pengumpulan, penyusunan,
pelaporan, dan penggunaan informasi untuk mengukur kompetensi peserta didik
secara nyata dalam dunia pendidikan berdasarkan aturan kurikulum 2013.
Konteks penelitian ini ditemukan adanya kendala pendidik dalam implementasi
authentic assessment yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor.
Tujuan dari penelitian untuk mengidentifikasi dan memaparkan kendala pendidik
dalam implementasi authentic assessment pada Gugus Sekolah Jendral Sudirman
di Kecamatan Pardasuka.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan
studi kasus tipe kolektif. Penelitian ini menggunakan prosedur pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, serta media audio dan visual. Penelitian ini
menggunakan teknik analisis data menurut teori Cresswell. Usaha menguji
kredibilitas data digunakan teknik triangulasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa authentic assessment ranah kognitif
terdapat kendala adanya perbedaan signifikan skor assessment C2 peserta didik
dan kesulitan memberi skor yang mewakili kemampuan C3 sesuai dengan
kebenaran jawaban. Sedangkan authentic assessment ranah afektif terdapat
kendala adanya kesulitan memberi skor dalam setiap pembelajaran, waktu yang
terbatas, serta pedoman penskoran yang kurang jelas. Adapun authentic
assessment ranah psikomotor terdapat kendala pada terbatasnya sarana dan
prasarana serta pedoman penskoran yang kurang jelas.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kendala Pendidik, Authentic Assessment, Kognitif, Afektif, Psikomotor.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Dani Wilian
Date Deposited: 06 Apr 2022 04:34
Last Modified: 06 Apr 2022 04:34
URI: http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item
View Item