Bahri, Samsul (2021) ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK DI SDN 1 PRINGSEWU SELATAN. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Pringsewu.
COVER.pdf
Download (996kB)
BAB 1.pdf
Download (447kB)
BAB 2.pdf
Download (489kB)
BAB 3.pdf
Download (374kB)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (476kB)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
DAPUS.pdf
Download (156kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (2MB)
Abstract
Gerakan Literasi Sekolah merupakan usaha sadar dan kerjasama yang
dilakukan oleh pemerintah, seluruh warga sekolah dan masyarakat untuk lebih
menyadarkan betapa pentingnya budaya membaca sehingga mampu membaca dan
menulis secara baik dan benar. Hasil observasi dan wawancara dengan guru di SDN 1
Pringsewu Selatan diketahui bahwa pada Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sudah
diselenggarakan di kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses
penyelenggaraan Gerakan Literasi Sekolah untuk meningkatkan kemampuan
membaca peserta didik dan mendeskripsikan bagaimana kemampuan membaca
peserta didik melalui penyelenggaraan Gerakan Literasi Sekolah.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini
adalah siswa kelas IV, guru kelas IV, dan kepala sekolah SDN 1 Pringsewu Selatan.
Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara (interview) dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini
menggunakan triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa SD Negeri 1 Pringsewu
Selatan mengadakan Gerakan literasi sekolah yang dilaksanakan sebelum memulai
pembelajaran, antara lain siswa membaca buku selama 30 menit. Adapun Program
Aksi dari Gerakan Literasi Sekolah dilakukan oleh seluruh wali kelas yang ada untuk
membimbing siswanya, mengadakan sosialisasi tentang pemahaman kepada guru,
kepala sekolah, komite atau orang tua siswa tentang apa dan bagaimana gerakan
literasi sekolah, menyediakan buku bacaan bagi siswa yang berada dan disimpan di
perpustakaan sekolah. Kemampuan siswa kelas IV SD Negeri 1 Pringsewu Selatan
dalam membaca sudah baik. Hal tersebut dikarenakan siswa mampu memberikan
respon komunikatif terhadap kata-kata dan urutan kalimat yang diamati pada
permukaan bacaan, mampu memberikan respon interpretatif terhadap hal-hal yang
tersimpan di sela-sela dibalik permukaan bacaan, dan mampu memberikan respon
evaluatif imajinatif terhadap keseluruhan bacaan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerakan Literasi Sekolah, Kemampuan Membaca |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan > Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Dani Wilian |
Date Deposited: | 06 Apr 2022 04:34 |
Last Modified: | 06 Apr 2022 04:34 |
URI: | http://repository.umpri.ac.id/id/eprint/662 |